JawaPos Radar | Iklan Jitu

Daimler Freightliner Cascadia, Truk Semi-otonom Pertama

10 Januari 2019, 19:25:14 WIB
Daimler Freightliner Cascadia, Truk Semi-otonom Pertama
Truk semi-otonom Daimler diuji coba di Amerika Utara. (Dok.Leftlane)
Share this

JawaPos.com - Daimler sebagai salah satu perusahaan truk terkemuka di dunia konsisten mengembangkan truk listrik untuk menjawab permintaan truk berbasis teknologi listrik ramah lingkungan.

Salah satu truk andalannya yakni Freightliner Cascadia menjadi basis pengembangan truk listriknya. Baru-baru ini, dilansir Leftlanenews, Rabu (9/1) Freightliner Cascadia baru diklaim sebagai truk produksi seri parsial otomatis pertama yang telah melakukan uji coba di jalan Amerika Utara.

Raksasa otomotif ini memang sejak 2015 telah membangun basis pengembangan teknologi listrik untuk mendukung produksi truk listrik yang akan dimajukan lagi sebagai truk otonom ke depan. Saat ini, otomatisasi parsial truk Freightliner Cascadia telah meningkat menjadi level 2. Truk yang dianggap khayalan itu, akhirnya diproduksi sebagai truk semi-otomatis pertama yang tiba di pasar Amerika Utara.

Sistem Level 2 pada truk listrik dapat secara otomatis mengerem, mempercepat dan mengarahkan rute di semua rentang kecepatan. Beroperasi dengan dukungan integrasi kamera dan radar. Teknologi ini cocok dengan fitur semi-otomatis yang sudah tersedia pada kendaraan moderen.

Ke depan, Daimler berencana melewati Level 3. Dengan peningkatan teknologi jika truk level 2 memberikan keuntungan yang substansial pada industri mobil komersial sebagai angkutan bisnis. Dalam blue print Daimler, mereka berfokus untuk sampai pada pencapaian truk otonom tingkat 4, yang memdefenisikan truk mampu melakukan perjalanan sendiri di daerah-daerah yang ditentukan dan di antara pusat-pusat yang ditentukan tanpa pengemudi.

Truk Daimler Freightliner Cascadia semi otonom telah diperkenalkan dalam ajang pameran CES Januari 2019 ini. Pemamfaatan teknologi mutakhir telah menjadikannya salah satu truk termahal di dunia. Untuk pengembangannya Daimler telah mengumumkan rencana untuk berinvestasi sekitar USD 570 juta atau setara dengan Rp 801,9 miliar dalam pengembangan teknologi truk otonom.

Pencapaian gemilang dengan berhasilnya pembangunan hingga uji coba truk semi-otonom sebagai truk pertama yang berjalan di Amerika Utara akan membuat Daimler terus meningkatkan pengembangan teknologi untuk mengangkat truk kelas truk bisnis angkutan ke level lebih tinggi.

Editor           : Teguh Jiwa Brata
Reporter      : Wilfridus Zenobius Kolo

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up