JawaPos Radar | Iklan Jitu

Bawa Anjing Sambil Nyetir, di Amerika Ilegal dan Bakal Kena Sanksi

14 Desember 2018, 14:56:55 WIB
Bawa Anjing Sambil Nyetir, di Amerika Ilegal dan Bakal Kena Sanksi
Mengemudi kendaraan sambil membawa hewan peliharaan ilegal di kota-kota AS (Dok. Autoevolution)
Share this

JawaPos.com - Mengendarai mobil butuh konsentrasi yang tinggi, karena jalan raya merupakan salah satu tempat paling berbahaya. Sedikit kesalahan dapat menyebabkan kecelakaan fatal yang bisa saja merenggut nyama pengemudi atau pengguna jalan lain.

Untuk itu, sebuah aturan baru diterbitkan pemerintah kota Mantua, Ohio, Amerika. Peraturan tersebut mencakup larangan membawa hewan peliharaan mereka saat mengemudi. Hal ini diberlakukan melihat banyaknya pengguna kendaraan yang kerap mengandarai mobilnya bersama hewan peliharaannya.

Autoevolution, Rabu (12/12) mengungkapkan peraturan di kota Mantua ini sangat rasional karena kecelakaan bukan terjadi karena pengemudi memainkan smartphone saja ketika berkendara, tetapi mereka juga mengurus hewan peliharaannya seperti kucing atau anjing sambil berkendara.

Perilaku ini dianggap sangat berbahaya, karena konsentrasi pengemudi akan terbagi dan mereka kadang kehilangan waktu untuk memperhatikan kondisi jalan di sekitar mereka. Menurut laporan terbaru Fox8, kebiasaan hewan yang tak terkontrol saat ada dalam kendaraan cenderung mengganggu pengemudi sehingga perilaku tersebut harus dihentikan.

Untuk itu, kepolisian kota Mantua, Ohio menganggap semua pengemudi yang membawa hewan peliharaannya saat berkendara akan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku. Pengemudi yang membawa hewan piaraan akan dikenakan pelanggaran ringan aturan lalu lintas.

Pihak kepolisian setempat mengungkapkan pengalihan perhatian tidak hanya mencakup kebiasaan mengemudi sambil menggenggam smartphone tetapi juga mengendalikan hewan peliharaan. Mereka yang mengikutsertakan hewan tanpa dampingan dari orang lain akan kesulitan memikirkan keselamatan hewan atau hewan diri mereka sendiri

Terkait hal ini, pihak kepolisian akan menetapkan pelanggaran dalam beberapa kategoti yakni pertama adalah kejahatan ringan. Pelanggaran kedua dalam satu tahun akan menjadi pelanggaran ringan tingkat ketiga, karena akan ada pelanggaran yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Di Amerika Serikat, tidak banyak contoh undang-undang yang melarang mengemudi dengan hewan peliharaan di pangkuan atau membiarkannya tidak terkendali di salah satu kursi penumpang. Namun belakangan akibat adanya kecelakaan yang disebabkan hal tersebut berbagai negara bagian mulai menerapkan aturan berkaitan dengan pelanggaran tersebut.

Majalah lokal Hawai,  Parade mencatat, di negara bagian Hawaii memiliki satu peraturan yang secara eksplisit melarang masyarakatnya mengemudi dengan seekor anjing di pangkuannya. Sementara di New Jersey, polisi dapat menghalau pengemudi yang mengemudi sambil meladeni keaktifan peliharaannya dan masuk dalam ketegori pelanggaran terhadap undang-undang kekejaman hewan negara.

Beberapa negara bagian yang ikut menerapkan aturan ini antara lain Connecticut, Maine, Massachusetts, Minnesota, New Hampshire, dan Rhode Island, dengan tujuan untuk membuat pengemudi dan hewan kesayangannya tidak sampai terlibat dalam kecelakaan. Mereka yang melanggarnya akan dikenaikan denda cukup besar.

Editor           : Mohamad Nur Asikin
Reporter      : (wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini