JawaPos Radar | Iklan Jitu

Jambore Nasional TYCI: Jaga Kelestarian Lingkungan Pulau Dewata

14 Desember 2018, 20:34:56 WIB
Jambore Nasional TYCI: Jaga Kelestarian Lingkungan Pulau Dewata
TYCI melakukan jambore nasional di Bali sambil ikut menjaga kebersihan pariwisata (Dok. TYCI.)
Share this

JawaPos.com - Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI) menggelar Jambore Yaris 2018 bertajuk Never Stop with Yaris, Jelajah Pulau Dewata pada 17 November–23 November 2018.

Touring ini singgah di 3 kota. Rutenya, Jakarta–Surabaya–Bali–Semarang. Diikuti oleh 150 peserta dari berbagai kota: Jabodetabek, Bandung, Tegal, Pemalang, Medan, Pandeglang, Surabaya, Malang, Sukabumi, Probolinggo, Semarang, Bali, Solo. Uniknya, touring kali ini tidak diikuti oleh anggota TYCI saja. 

Touring bernuansa persaudaraan dengan semangat All Yaris All Brothers, membuat komunitas selain TYCI seperti BYC, YCS, YARIS PLAT AG, TYC AE, BYCOM, SYOG, PYCOM, MYC, YSOC, BOYCOM, JYOC, YESS, CLARITY, YARIS JOKER, dan JYC, ikut serta juga dalam perjalanan Jelajah Pulau Dewata, Jambore Yaris 2018

Jambore Nasional TYCI: Jaga Kelestarian Lingkungan Pulau Dewata
Member TYCI bagikan tong sampah untuk beberapa Pura di Bali. (Dok. TYCI.)

Jambore kali ini, TUCI mendapat keluarga baru karena di sela-sela Jambore mereka juga mendeklarasikan 2 chapter teranyarnya, yakni TYCI Chapter Bali yang deklarasinya bertempat di Dafam Savvoya, Seminyak, Bali, dan TYCI Chapter Semarang.

Dalam perjalanan panjang ini ketangguhan Toyota Yaris benar-benar diuji. Tidak ada hambatan berarti dalam perjalanan karena mereka di support diler-diler resmi Toyota sepanjang perjalanan.

Misalnya NASMOCO Brebes yang membantu mengecek kendaraan peturing dan menyediakan water fluid secara gratis. Sebelum menyeberang ke Pulau Dewata pun, AUTO 2000 Probolinggo membantu menyediakan THS (Toyota Home Service) untuk menjaga rombongan selama perjalanan menuju Pulau Dewata. Tak ketinggalan, NASMOCO Semarang juga memfasilitasi untuk pengecekan kendaraan sebelum perjalanan kembali ke Jakarta.

Yang paling menarik dalam rangkaian Jambore Yaris 2018 ini, komunitas Yaris secara bersama-sama melakukan tindakan nyata untuk menjaga kemajuan pariwisata yaitu membersihkan sampah di pura di Sangeh, Bali, dan menyalurkan 4 tong sampah dari Krisna, dan 2 tong sampah dari Toyota Yaris Club Indonesia. 

Tak hanya perjalanan biasa yang mengiringi komunitas Yaris. Dalam penjelajahan ini mereka ikut mendukung kemajuan pariwisata dari sisi kebersihan dengan bakti sosial sekitaran tempat ibadah di Pulau Dewata. Irwan Prasojo, selaku Ketua Umum TYCI mengatakan, TYCI sangat mencintai pariwisata negeri ini sehingga mereka ingin ikut berkontribusi bagi kebersihan tempat wisata yang mereka jumpai.

“Inilah cara kami dalam menjaga kemajuan pariwisata negeri ini, dengan turut serta membersihkan sampah dan memberikan tong sampah di pura yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Kami berharap tempat ibadah ini bisa selalu terjaga kebersihannya dan bisa menaikkan jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke kawasan pura di Sangeh ini," Kata Irwan melalui keterangan resmi pada JawaPos.com.

Sesuai dengan visi misi TYCI, mereka ingin semakin kuat dalam persaudaraan antarmember dan komunitas, selalu menerapkan kedisiplinan dalam berlalu lintas, serta menjaga konsistennya melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk lingkungan sosial dan masyarakat,”

Sebagai informasi, TYCI telah berdiri sejak 19 Agustus 2006 dan telah mempunyai 18 chapter yang tersebar di kota-kota besar seluruh Indonesia dengan 2.477 anggota. Mereka terkenal dengan komunitas berslogan safety driving dalam setiap berkendara, yaitu 3S (Smart, Safety, and Share the Road).

Editor           : Teguh Jiwa Brata
Reporter      : (ce1/wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up