JawaPos Radar | Iklan Jitu

Liburan ke Luar kota, Cek 4 Komponen Mobil Ini Dulu Sebelum Jalan

15 Desember 2018, 19:45:59 WIB
Liburan ke Luar kota, Cek 4 Komponen Mobil Ini Dulu Sebelum Jalan
Isi air radiator untuk pendingin mesin saat perjalanan jauh. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Liburan Natal dan akhir tahun yang biasa berdekatan banyak dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk berlibur bersama keluarga. Biasanya liburan panjang tersebut dimaksimalkan untuk perjalanan jauh agar merayakan Natal dan tahun baru bersama keluarga besar di kampung halaman.

Menempuh perjalanan jauh dengan aman  dan nyaman, tentu harus di dukung dengan kondisi kendaraan sehat dan prima agar tidak ada trouble. Untuk itu, sebelum melakukan perjalanan, pengguna mobil harus melakukan pengecekan beberapa bagian mobil

Director Bengkel Mobeng, Wing Wiryadi Joe mengungkapkan menikmati libur dengan perjalanan jauh bersama keluarga membutuhkan mobil yang sehat. Apalagi liburan akhir tahun biasanya ada kemacetan dan saat ini musim huja. Karenanya beberapa komponen harus dicek untuk mendukung perjalanan.

Liburan ke Luar kota, Cek 4 Komponen Mobil Ini Dulu Sebelum Jalan
Periksa kondisi wiper saat melakukan perjalanan jauh saat musim hujan. (Istimewa)

Pertama, melakukan penggantian oli mesin. Agar performa mobil tetap baik saat berkendara jauh, sebaiknya oli mesin diganti. Hal ini untuk memastikan pelumasan pada mesin berlangsung dengan baik sehingga mobil tetap prima saat menempuh perjalanan jarak jauh.

Kedua, melakukan pengecekan pada oli transmisi. Pengecekan oli transmisi kerap diabaikan oleh pengguna mobil. Padahal oli transmisi sangat penting untuk memuluskan kerja komponen pada mesin. Untuk mobil bertransmisi matik, selain bekerja sebagai pelumas, oli ini juga berfungsi sebagai penghantar dalam mekanisme perpindahan gigi otomatis. 

Ketiga, periksa air radiator. Untuk melakukan perjalanan jauh, pengguna mobil harus memastikan air radiator dalam kondisi penuh. Faktor kemacetan yang biasa terjadi saat liburan panjang di kota-kota tertentu membuat mobil memerlukan pendingin.

"Air radiator berfungsi sebagai pendingin agar temperatur pada mesin mobil agar tetap stabil, terlebih lagi saat dalam perjalanan yang cukup jauh dan cenderung macet ketika libur panjang, karena itu pengecekan wajib dilakukan sebelum perjalanan," kata pria yang akrab disapa Wing ini beberapa waktu lalu.

Keempat, mengecek kondisi Wiper. Saat musim hujan seperti ini, Wiper menjadi komponen yang sangat penting untuk menyekah sisa air pada permukaan kaca agar tidak mengganggu pandangan pengemudi.

"Cek kondisi karet wiper. Jika karetnya sudah getas atau peemukaannya sudah melengkung, sebaiknya diganti dengan karet yang baru. Apalagi untuk perjalanan jauh dengan kondisi cuaca hujan seperti saat ini Wiper harus standby untuk menyekah kaca," tutur Wing.

Editor           : Saugi Riyandi
Reporter      : (wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini