JawaPos Radar | Iklan Jitu

Sekering, Alat Kecil Pelindung Motor dari Kebakaran

17 Februari 2019, 20:10:59 WIB
Sekering, Alat Kecil Pelindung Motor dari Kebakaran
Sekering (istimewa)
Share this

JawaPos.com - Setiap motor didlengkapi dengan Sekering yang menjadi peindung motor saat mengalami hubungan arus pendek atau korsleting. Meskipun berukuran kecil, perangkat ini sangat penting karena akan menjadi komponen yang pertama dikorbankan saat terjadi trouble pada kelistrikan motor.

Komponen ini pada dasarnya melindungi rangkaian dari kerusakan akibat penggunaan daya listrik berlebihan maupun hubungan singkat arus dengan cara memutuskan aliran listrik yg masuk ke rangkaian dalam sirkuit kelistrikan motor sehingga tidak terjadi kebakaran pada motor.

Kepala Otorized Dealer Royal Enfield, Pejaten, Jakarta Selatan, Ale menyebutkan Sakring sangat penting karena akan memutuskan arus listrik ketika terjadi korsleting pada sirkuit kelistrikan motor.

Apabila beban sumber daya listrik, seperti spul dan aki, menyuplai arus yang berlebihan maka akan terjadi kerusakan pada komponen lain. Disinilah Sekreing memainkan perananya untuk melindungi komponen lain pada motor.

"Sekering biasanya punya fungsi sebagai pengaman saja. Contohnya bila kabel mengalami korsleting pengamannya ada pada sekring, sehingga korsleting tidak merembet ke komponen lain. Biasanya saktingnya putus dulu, sehingga memutus semua aliran arus di motor," kata Ale pada JawaPos.com, Minggu (17/2).

Sekering memang memiliki berbagai ukuran. Umumnya motor biasa menggunakan Sekering beruuran 10 ampere dan dipasang tepat pada dekat aki. Jika pasang ukuran di atasnya, saat korsleting, khawatir sekering tidak mampu memutus arus berlebihan. Akibatnya kabel malah jadi gampang hangus.

Perangkat ini mempunyai bungkusan transparan yang terbuat dari kaca atau plastik sehingga pemotor dapat melihat langsung apakah kawat halusnya dalam keadaan putus atau tidak. Sekering yang sudah putus harus diganti Sekering baru dengan spesifikasinya yang sama agar berfungsi maksimal untuk melindungi rangkaian listrik motor.

Editor           : Saugi Riyandi
Reporter      : Wilfridus Zenobius Kolo

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini