JawaPos Radar | Iklan Jitu

Berkendara Lebih Aman, Kaca Spion Ini Mampu Deteksi Blind Spot Mobil

21 November 2018, 09:34:56 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Berkendara Lebih Aman, Kaca Spion Ini Mampu Deteksi Blind Spot Mobil
Blind spot radar mirror , spion yang mampu deteksi kendaraan lain (DOK. ASIA JAYA MOTOR)
Share this

JawaPos.com - Blind spot dalam berkendara baik untuk mobil dan motor sangat berbahaya. Kehilangan kemampuan untuk mendeteksi keadaan di sekitar wilayah berkendara, misalnya adanya kendaraan lain atau adanya jalan yang berbahaya di depan bisa menimbulkan masalah.

Mengatasi masalah itu, banyak produsen mobil dan komponen pendukung terus mengembangkan teknologi pendukung untuk mengatasi masalah ini, sehingga pengguna kendaraan benar-benar aman saat melakukan perjalanan. Salah satu komponen wajib pada mobil yang mendapat pengembangan adalah spion mobil.

Sebagai komponen yang berfungsi untuk mengawasi daerah belakang dan samping kendaraan, spion dengan nama Blind spot radar mirror kini hadir untuk membantu pengguna mobil dapat mendeteksi blind spot saat mengendarai mobil.

Berkendara Lebih Aman, Kaca Spion Ini Mampu Deteksi Blind Spot Mobil
Blind spot radar mirror, kaca spion aman untuk berkendara (DOK. ASIA JAYA MOTOR)

Penggawa Workshop Asia Jaya Motor, Wira Santosa mengatakan Blind spot radar mirror merupakan cermin biru dilengkapi dengan Led mirror dan blind spot radar, yang akan memberikan signal bila ada kendaraan lain yang tiba-tiba berada di samping mobil.

"Spion Blind spot radar mirror, memiliki teknologi khusus radar yang dapat mendeteksi keadaaan sekitar mobil yang dikendarai. Jika tiba-tiba ada objek seperti mobil, sepeda motor atau objek lainnya maka ia kana memberikan signal dengan kedipan lampu dan bunyi yang bisa membuat kita lebih hati-hati," kata Wira berbincang dengan JawaPos.com, beberapa waktu lalu di Workshopnya yang berlokasi di Jl Raya Pondok Gede, Jakarta.

Model spion berteknologi tinggi ini, jelas Wira, merupakan alat deteksi yang sangan baik sebagai perlengkapan safety bagi pengemudi. Kemampuannya mendeteksi gerakan mobil dari samping dan belakang yang menjadi daerah blind spot sangat membantu pengendara.

Selain itu, ia juga bisa membantu pengemudi untuk mendeteksi kendaraan lain di sekitar mobil ketika mobil yang digunakan ingin berpindah dari satu jalur ke jalur lainnya. "Jadi dia (spion) juga akan memberikan signal lampu di kaca spion dan buzzer bip bip bip, sehingga lebih aman saat kita ingin mengambil jalur lain atau berpindah jalur," terang Wira.

Kaca Spion Blind spot radar mirror buatan Tiongkok ini juga sudah dilengkapi dengan lampu sein yang menjalar vertikal sehingga bisa dilihat oleh pengguna kendaraan lain jika mereka ingin mengambil celah dari samping mobil yang kita kemudikan.

Kacanya juga adalah kaca biru anti silau yang tidak membuat pengemudi kesulitan ketika cahaya lampu mobil lain terpantul di kaca mobil. Saat ini, Spion Blind spot radar mirror tersedia khusus bagi Mitsubishi Pajero, Toyota Innova Reborn dan Toyota Fortuner VRZ. Spion ini dijual dengan harga Rp 6,85 juta per unitnya.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up