JawaPos Radar | Iklan Jitu

Buntut Penangkapan Carlos Ghosn

CEO Nissan: Dia telah Melanggar Kepercayaan Banyak Orang

21 November 2018, 19:12:33 WIB | Editor: Ilham Safutra
CEO Nissan: Dia telah Melanggar Kepercayaan Banyak Orang
Carlos Ghosn (Johannes Eisele/The Guardian/AFP/Getty Images)
Share this

JawaPos.com - Satu dari setiap sembilan mobil yang terjual di seluruh dunia berasal dari aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi. Itu memperlihatkan kekuatan tiga produsen otomotif tersebut. Dan, Carlos Ghosn adalah sosok yang memungkinkan itu terjadi.

Karena itu, dampak penangkapan pria yang berposisi chairman bagi tiga produsen otomotif tersebut dalam kasus pemalsuan laporan keuangan oleh otoritas Jepang kemarin (20/11) langsung meluas. Lintas benua. Dari Jepang, tempat Nissan dan Mitsubishi berbasis, hingga ke Prancis yang pemerintahnya menjadi pemegang saham utama Renault.

Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire menyatakan, pemerintah Prancis bakal mengambil tindakan untuk menjamin stabilitas jangka panjang Renault. CEO Nissan Hiroto Saikawa, sebagaimana dikutip Reuters, mengungkapkan, aliansi berencana mencopot jabatan Ghosn pada pekan ini juga.

"(Yang dilakukan Ghosn) Itu telah sangat melanggar kepercayaan banyak orang. Saya merasa kecewa dan menyesal," ujar Saikawa sebagaimana dikutip dari Reuters.

Mitsubishi Motors Corporation (MMC) juga merekomendasikan pencopotan Ghosn dari posisinya sebagai chairman MMC. ''Akan diusulkan kepada dewan direksi agar dengan segera mencopot Ghosn dari posisinya sebagai ketua dewan dan direktur perwakilan (chairman) MMC," ujar juru bicara MMC pada keterangan resmi yang diterima Jawa Pos kemarin (20/11).

Ghosn ditangkap Senin lalu (19/11). Pria 64 tahun asal Brasil itu ditangkap atas tuduhan pemalsuan laporan keuangan. Ghosn juga diduga telah menggunakan aset-aset perusahaan untuk kepentingan pribadi.

Ghosn dikabarkan tidak melaporkan penghasilannya sebesar JPY 5 miliar atau setara USD 44 juta selama periode lima tahun sejak 2011. Padahal, sejak 2010, perusahaan-perusahaan Jepang diminta mengungkapkan gaji para eksekutif yang mendapat lebih dari JPY 100 juta. Selain Ghosn, satu nama juga tercatut, yakni Direktur Perwakilan Greg Kelly yang juga dituduh melakukan pelanggaran keuangan.

Akibat kasus itu, dalam perdagangan bursa saham Jepang, saham Nissan turun 5,5 persen. Begitu pula saham MMC yang juga turun sekitar 6 persen. Sementara itu, saham Renault turun 8,4 persen pada perdagangan Senin lalu.

Ghosn merupakan salah satu sosok paling berpengaruh di dunia otomotif. Dialah yang menyelamatkan Nissan dari masa-masa kritis pada 2000-an. Ghosn juga figur penting yang melatari kemitraan strategis antara Nissan, Renault, dan Mitsubishi.

Nissan Motor Indonesia ketika dimintai tanggapan enggan memberikan komentar lebih jauh. Termasuk mengenai kemungkinan pengaruh kasus tersebut terhadap kelangsungan bisnis Nissan secara global, tak terkecuali di Indonesia. "Kami tidak ada komentar lainnya, selain yang sudah disampaikan Saikawa-san (CEO Nissan, Red) di press conference di Jepang tadi malam (kemarin, Red)," ujar Head of Communication Nissan Motor Indonesia (NMI) Hana Maharani saat dihubungi kemarin. 

(agf/c17/ttg)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up