JawaPos Radar | Iklan Jitu

Kisah Pria 70 Tahun Jelajah 74 Negara di 7 Benua bersama Sang Istri

21 November 2018, 10:30:59 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Kisah Pria 70 Tahun Jelajah 74 Negara di 7 Benua bersama Sang Istri
Lunardi saat bersama istri touring melintasi negara-negara Eropa (DOK.PRIBADI FOR JAWAPOS.COM)
Share this

JawaPos.com - Bagi para riders sejati, usia itu hanya sekedar angka. Karena yang membuat manusia hidup itu adalah spirit yang ada padanya. Begitulah ungkapan Alexander Lunardi, seorang bikers berusia 70 tahun yang telah menjelajahi 74 negara, di 7 benua bersama istrinya.

Bagi Lunardi, riding bersama istrinya melintasi berbagai negara dengan berbagai tantangan merupakan pengalaman terindah yang diberikan Tuhan padanya. Kisah perjalananya dengan motor bersama istrinya sejak 2013 hingga 2018 membuatnya akhirnya menulis moto "Do what i love and share with my love".

Lunardi menceritakan bahwa ia memang sudah mulai mengendarai motor sejak kuliah, namun baru mulai riding dengan motor gede pada usia 40 tahun. Sebenarnya sejak awal mereka melakukan touring ke luar negara tanpa rencana. Tetapi setelah melintasi 40 negara dalam beberapa tahun touring akhirnya mereka mulai membuat target.

Kisah Pria 70 Tahun Jelajah 74 Negara di 7 Benua bersama Sang Istri
perjuangan berat Lunardi riding bersama istri hingga Antarika (DOK.PRIBADI FOR JAWAPOS.COM)

"Awalnya 2013 kita touring ke luar negara, asal jalan aja. Tapi setelah kita hitung 40 negara yang sudah dilewati selama touring beberapa kali, akhirnya kita buat target. Negara-negara mana yang belum kita kunjungi harus kita datangi. Akhirnya pada September 2018 kita berhasil mencapai 74 negara. Kita sampai di Argentina," kata Lunardi dalam Talkshow Sobat Riders Adira Finance beberapa waktu lalu.

Pada saat ia riding ke luar negeri usianya sudah 55 tahun. Namun keinginannya bersama istri untuk melakukan melihat banyak negara lebih dekat membuat mereka memilih motor sebagai teman perjalanan.

"Dulu kita pake pesawat dan bus bosan. di bus keluar dari Hotel lihatnya jok depan. Di pesawat juga lihatnya jok. Jadi akhirnya kita putuskan mending pakai motor aja. Biar kita bisa leluasa melihat pemandangan indah, mencium bau pesing wilayah pertenakan atau wangi hutan pinus saat melintasinya," ujar pria supel itu.

Ia menceritakan banyak hal yang mengesankan namun ada satu tempat yang paling berkesan yakni Antartika. Ia termasuk salah satu ornag yang menginjakkan kaki di tempat paling Selatan dunia. Medan berat dan suhu minus membuat perjalanan sangat melelahkan. Tapi dengan tekad yang kuat ia dan sang istri pernah menginjakkan kaki di Antartika.

Ia berpesan kepada anak muda Indonesia untuk tetap memiliki jiwa petualangan agar mendapat banyak inspirasi dan pengetahuan yang bisa digunakan sebagai referensi kehidupan yang lebih baik. Lunardi masih menyimpan tenaga untuk riding lagi tetapi kali ini ia mulai belajar untuk riding di daearah-daerah off-road.

"Saya baru mulai naik motor gede dan ke luar negeri umur 55 tahun. Kalian yang masih mudah harus banyak mengeksplore diri, tetap berkarya karena itu akan bermanfaat bukan untuk diri sendiri tapi untuk banyak orang. Kalau yang suka motor. Ayo riding dan kasih cerita inspiratif tentang perjalananmu," pesan Lunardi.

Setelah mengumpulkan perjalanan panjang, pada April 2018, Alexander Lunardi meluncurkan buku inspiratif berjudul 70.70, 74 yang menceritakan perjalanannya melintasi 70 negara di 7 benua bersama istrinya dan semua itu selesai bertepatan dengan ulang tahun pernikannya yang ke 40 tahun.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up