JawaPos Radar | Iklan Jitu

Kabar Duka, Pahlawan Inggris di Piala Dunia 1966 Meninggal Dunia

12 Februari 2019, 19:43:43 WIB
Gordon Banks, Timnas Inggris, Piala Dunia 1966, Kiper Inggris
Gordon Banks (kiri) saat bersama legenda Brasil, Pele (Daily Mail)
Share this

JawaPos.com - Kabar duka datang dari dunia sepak bola. Pada Selasa (12/2), kiper legendaris Timnas Inggris, Gordon Banks menghembuskan nafas terakhirnya. Banks yang merupakan pahlawan Inggris di Piala Dunia 1966 meninggal dunia akibat mengidap penyakit kanker.

Kabar itu dibenarkan pihak keluarganya melalui akun resmi Stoke City FC, @stokecity. Keluarga memberitahukan meninggalnya legenda sepak bola dunia tersebut.

"Ini menjadi kesedihan yang besar bahwa kami mengumumkan Gordon (Banks) meninggal dunia dengan damai. Kami sangat merasa kehilangan dirinya. Kami memiliki banyak kenangan menarik dan sangat bangga kepadanya," tulis mereka.

Gordon Banks, Timnas Inggris, Piala Dunia 1966, Kiper Inggris
Aksi Gordon Banks di Piala Dunia 1966 (Daily Mail)

Hal senada juga diungkapkan oleh rekannya yang juga pahlawan Inggris di Piala Dunia 1966, Sir Geoff Hurst. Dia mengaku merasa sangat kehilangan setelah mendengar kabar tersebut.

"Sangat sedih mendengar berita bahwa Gordon (Banks) telah meninggal. Dia merupakan salah satu pemain terhebat. Berita sedih untuk keluarganya, Ursula, Julua, Wendy, dan Robert. Juga untuk dunia sepak bola, Stoke City, dan para penggemar. Dia akan sangat dirindukan," ungkapnya dikutip The Mirror.

Banks adalah kiper legendaris Inggris. Oleh FIFA dia dinobatkan sebagai penjaga gawang terhebat di eranya. Dia kerap kali melakukan aksi penyelamatan yang sangat fantastis. Selama karirnya, Banks tercatat pernah membela tiga tim yakni Leicester City, Chesterfield, dan Stoke City.

Di Timnas Inggris, Banks tampil dalam 73 laga. Dia menjadi pilar The Three Lions pada 1963 hingga 1972. Prestasi terbaiknya adalah menjuarai Piala Dunia 1966 yang berlangsung di Inggris.

Banks memang mencapai puncak penampilan saat membawa Inggris juara Piala Dunia 1966. Namun, salah satu momen yang paling sering diperbincangkan dan selalu diingat adalah penyelamatannya dalam laga melawan Brasil di Piala Dunia 1970 Meksiko.

Kala itu, Banks mampu menggagalkan peluang bersih dari striker tajam Brasil, Pele. Banks berhasil menghalau sundulan Pele dari jarak dekat. Bahkan, ketika itu Pele turut memuji performa yang ditampilkan Gordon. Sebab, tidak banyak kiper yang mampu menahan serangan mematikan dari Pele.

Banks, lahir di Sheffield pada 30 Desember 1937. Itu artinya, Banks meninggal dunia dalam usia 81 tahun. Selamat jalan, Banks.

Editor           : Edy Pramana
Reporter      : Bintang Rahmat

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up