JawaPos Radar

Panaskan Borobudur Marathon di Magelang, Fun Run dan Hash Disiapkan

27/07/2018, 13:46 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Lomba Lari
ILUSTRASI: Sebulan sebelum diadakannya Fun Run dan Borobudur Marathon tadi, masih banyak kegiatan jelajah rute tingkat dunia lainnya yang dimanfaatkan sebagai ajang promosi pariwisata. (dok. Radar Gresik/Jawa Pos Group)
Share this

JawaPos.com - Event lomba lari tahunan Borobudur Marathon memang baru digelar bulan November besok. Akan tetapi, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyiapkan agenda tambahan sebagai pemanasan.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Kadispora) Jawa Tengah Urip Sihabudin mengatakan, ada dua event serupa yang tengah disiapkan pihaknya. Yang pertama, yakni Fun Run sebagai pembuka Borobudur Marathon.

Event ini, rencananya dilaksanakan pada sehari sebelum Borobudur Marathon, atau pada 17 November 2018 besok. "Lari santai seperti itu lah. Karena peminatnya cukup besar dan masyarakat yang ingin ikut meramaikan cukup banyak, maka kami menampung hari sebelumnya," katanya, Jumat (27/7).

Dengan diadakannya Fun Run tersebut, maka, lanjut Urip, akan menambah rata-rata tingkat okupansi hotel maupun homestay di kawasan tersebut. Ia sendiri menyebut acara ini akan diikuti setidaknya 500 sampai 1.000 peserta.

"Jadi tidak cuma dua hari, tapi bahkan bisa sampai tiga hari. Jadi bisa lebih lama di Magelang," sambung Urip.

Sebulan sebelum diadakannya Fun Run dan Borobudur Marathon tadi, masih kegiatan jelajah rute tingkat dunia lainnya yang dimanfaatkan sebagai ajang promosi pariwisata. "Adalah Borobudur Internasional Hash. Pesertanya dua ribu dan orang asing semua," terang Urip.

Seperti diketahui, Borobudur Marathon rencananya digelar tanggal 18 November 2018 mendatang dengan tema 'Raising Harmony'. Acara yang diwujudkan sebagai bentuk dari sport tourism ini tiap tahunnya selalu sukses menyedot lebih dari sepuluh ribu peserta meliputi pelari lokal dan asing.

Kategori lomba pada Borobudur Marathon 2018 sendiri antara lain, Full Marathon (42K) Open, Full Marathon (42K) Nasional, Half Marathon (21K) Open, Half Marathon (21K) Nasional, 10K Open, dan 10K Nasional.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up