JawaPos Radar | Iklan Jitu

Asian Track Championship 2019

Pernah Kena Kasus Doping, Mantan Pesepeda Rusia Ini Juara di ATC 2019

09 Januari 2019, 23:14:07 WIB
Asian Track Championship 2019, balap sepeda, Indonesia, UCI, Olga Zabelinskaya
Pembalap sepeda Uzbekistan Olga Zabelinskaya (tengah) menjuarai nomor point race Asian Track Championship 2019 (Isa Bustomi/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Atlet balap sepeda asal Uzbekistan Olga Zabelinskaya berhasil naik podium tertinggi di Asian Track Championship (ATC) 2019 nomor point race elite putri. Zabelinskaya mengaku, hasil ini bisa ia dapatkan berkat latihan keras seumur hidupnya.

Zabelinskaya berhasil menjadi juara dengan raihan 70 poin. Poin ini membuatnya mengalahkan lawan terdekatnya Huang Ting Ying (Taiwan) dan Zhang Ying (Tiongkok). "Tentu saja persiapannya sudah selama hidup saya. Saya selalu berlatih dengan keras, termasuk untuk ajang ini," katanya, Rabu (9/1).

Zabelinskaya sendiri sebetulnya merupakan atlet asal Rusia. Dia memutuskan berganti kewarganegaraan setelah skandal doping yang pernah menjeratnya di Olimpiade Musim Dingin Sochi 2014 silam. Dengan statusnya sebagai warga negara Uzbekistan, Zabelinskaya berharap ia bisa membersihkan namanya dan memperbaiki pencapaiannya di Olimpiade Tokyo 2020.

Bertanding pertama kalinya sebagai pemain Asia, pesepeda yang tahun ini bakal genap berusia 39 tahun itu mengaku sempat grogi. "Ini pertama kalinya saya ikut kompetisi di Asia. Saya cukup grogi karena belum pernah berkompetisi di ini. Tapi syukurlah saya bisa menjalani balapan dengan baik. Saya mengikuti semua nomor pertandingan," katanya.

Mengenai pencapaiannya yang pertama kali di level Asia ini, Zabelinskaya mengaku senang. Peraih medali perak Olimpiade Rio de Janeiro 2016 ini mengaku tidak pernah main-main dalam mempersiapkan dirinya untuk ajang apapun.

Editor           : Banu Adikara
Reporter      : Isa Bustomi

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up