JawaPos Radar | Iklan Jitu

NBA 2018-2019

Usai Kalahkan Lakers, Pelatih Timberwolves Dapat Surat Pemecatan

08 Januari 2019, 16:50:59 WIB
nba 2018-2019
Tom Thibodeau tak menyangka petinggi Timberwolves akan memecatnya di tengah musim ini. (Maddie Meyer / AFP)
Share this

JawaPos.com - Kerasnya kompetisi NBA musim ini kembali dirasakan pelatih. Tom Thibodeau dilengserkan paksa oleh Minnesota Timberwolves. Rekor buruk sepanjang menangani tim disinyalir jadi sebab utama pemecatan Thibodeau.

Tom Thibodeau menjadi korban kedua yang terlempar dari kursi pelatih NBA musim ini. Minnesota Timberwolves kemarin resmi memecat mantan pelatih Chicago Bulls tersebut. Caranya tragis, karena pemecatan dilakukan tepat setelah Timberwolves menang atas LA Lakers 108-86 di Target Center.

“Kami ingin berterima kasih kepada Tom atas seluruh kerja keras yang dia tunjukkan saat berada di tim ini,” ucap Glen Taylor, owner Timberwolves dalam statement resmi yang dilansir ESPN.

Pemecatan coach Thib, sapaan akrab Thibodeau, bukan reaksi tiba-tiba. Karena sudah dipertimbangkan di jajaran manajemen. Hingga akhirnya diambil putusan untuk mengakhiri hubungan dengan Thib.

“Ini adalah keputusan yang tidak mudah untuk diambil. Tapi kami merasa ini memang waktu yang tepat untuk tim ini melangkah ke depan,” tambah Glen.

Thibodeau menukangi Timberwolves sejak awal musim 2016-2017. Selama tiga musim, pelatih 60 tahun itu diberi kekuasaan penuh merangkap jabatan, yakni sebagai head coach dan President of Basketball Operations. Dia berkuasa penuh untuk membangun kerangka tim.

Sayang, kekuasaan besar itu tidak mendatangkan prestasi. Rekornya di Timberwolves sejauh ini adalah 97 menang dan 107 kalah.

Posisi Thibodeau makin melemah di Timbewolves sejak muncul kegaduhan di awal musim ini. Tepatnya ketikapemain kesayangannya Jimmy Butler ingin di-trade ke tim lain. Thibodeau dengan segala upaya ingin mempertahankan Butler. Tapi ternyata gagal.

Sebelum Butler dilepas ke Philadephia 76ers, para pemain Timberwolves lain sudah terlanjur antipati. Butler dianggap sudah tidak punya gairah lagi bermain dengan kostum Timberwolves. Mantan pemain Chicago Bulls itu bahkan beberapa kali sempat berseteru dengan center Timberwolves Karl-Anthony Towns di sesi latihan.

Sumber ESPN menyebut Thibodeau terkejut dengan keputusan petinggi tim memecat dirinya. CEO Timberwolves Ethan Casson dan General Manager Scott Layden datang langsung ke ruangan Thibodeau usai laga kontra Lakers untuk menyampaikan kabar tersebut.

Untuk sementara, asisten pelatih Ryan Saunders dipercaya menjadi pelatih kepala sebelum Timberwolves menemukan penggati permanen untuk Thibodeau. Mantan pelatih Bulls, Fred Hoiberg menjadi salah satu kandidat kuat pengganti coach Thib. 

Hasil NBA, Selasa (8/1)
Dallas 97-107 LA Lakers 
Boston 116-95 Brooklyn 
Houston 125-113 Denver 
Milwaukee 114-102 Utah 
New Orleans 114-95 Memphis 
Detroit 107-119 San Antonio 
Portland 111-101 New York 
Sacramento 111-95 Orlando 

Editor           : Agus Dwi W
Reporter      : irr

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini