JawaPos Radar | Iklan Jitu

Buat Paralimpiade 2020, Atlet Paracycling Indonesia Butuh Sepeda Bagus

12 Januari 2019, 14:17:01 WIB
Paralimpiade 2020, paracycling, balap sepeda, Indonesia, PB ISSI
Pelatih paracycling Indonesia, Fadilah Umar (Isa Bustomi/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pelatih paracycling Indonesia Fadilah Umar mengatakan dalam waktu dekat para atlet akan mempersiapkan diri menuju Paralimpiade 2020. Namun, mereka masih kekurangan fasilitas mumpuni untuk berlatih.

Sejauh ini, kata Fadilah, para atlet yang menjalankan pelatihan nasional di Solo, Jawa Tengah masih menggunakan sepeda yang ada. Meski masih bisa digunakan, kualitasnya sudah tidak memadai dan sudah ketinggalan zaman.

"Kualitas sepeda sangat berpengaruh sekali. Jadi semakin canggih sepeda, makin berpengaruh oleh hasil juga ke hasil latihan," katanya.

Saat ini para atlet sepeda difabel yang berada dibawah naungan NPC dan PB ISSI tengah ikut berkompetisi di ajang Asian Track Championship (ATC) 2019. Dua atlet difabel Muhammad Fadli Imammuddin dan Sri Sugiyanti berhasil unjuk gigi dengan meraih medali emas dan medali perak.

Menurut Fadilah, jika didukung dengan sepeda latihan yang lebih modern, bukan tidak mungkin Fadli, Sri dan atlet paracycling lainnya bisa menorehkan hasil lebih baik. Makanya, mereka memerlukan fasilitas tersebut untuk persiapan ASEAN Para Games 2019 dan kualifikasi Paralimpiade 2020.

"Kalau kualitas sepedanya bagus, hambatan para atlet dalam latihan juga pasti akan berkurang, dan laju mereka bisa lebih kencang. Kita akan persiapan pelatnas dulu buat ASEAN Para Games 2019 di Filipina. Tapi untuk saat ini sih belum ada pelatnas. Nanti kalau SK (Surat Keterangan) dari pemerintah turun baru kita jalankan pelatnas," tutup Fadilah.

Editor           : Banu Adikara
Reporter      : Isa Bustomi

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up