JawaPos Radar | Iklan Jitu

Jadi Pembalap Paling Senior, Kapan Rossi Pensiun?

29 November 2018, 14:05:53 WIB | Editor: Bagusthira Evan Pratama
MotoGP, Movistar Yamaha, Valentino Rossi
Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi (Motorsport)
Share this

JawaPos.com - Valentino Rossi belum juga pensiun dari karirnya sebagai pembalap di pentas MotoGP. Meski performanya sudah menurun karena faktor usia, Rossi masih ingin ikut balapan di musim 2019 mendatang.

Joki Movistar Yamaha tersebut sudah berumur 39 tahun. Dibanding pembalap lainnya, Rossi jadi kontestan paling senior untuk saat ini.

Publik tentunya bertanya-tanya, sampai kapan Rossi mampu bertahan? Karena bukan hal mudah memacu kecepatan tinggi di usia yang tidak lagi muda.

MotoGP, Movistar Yamaha, Valentino Rossi
Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi (Motorsport)

Namun ada satu hal yang perlu diingat. Rossi bukanlah pembalap biasa yang dapat digantikan dengan mudah. Dia merupakan pembalap fenomenal yang pernah dimiliki oleh dunia MotoGP.

Bahkan bisa dibilang Rossi merupakan satu-satunya pembalap dengan gelar terbanyak yang masih berkompetisi. Tercatat, dia berhasil mengoleksi tujuh gelar dalam kompetisi MotoGP 2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, dan 2009. Dia juga mampu meraih satu gelar di kelas di kelas 125cc dan 250cc.

Prestasi itu menempatkan Rossi di posisi ketiga dalam perolehan gelar juara dunia. Tempat pertama dihuni Giacomo Agostini dengan 15 kali kemenangan. Sementara posisi kedua diduduki Angel Nieto dengan koleksi 13 kali kemenangan.

Tidak hanya itu saja, di usia yang sangat senior, dia masih mampu bersaing dengan pembalap-pembalap muda lainnya. Terbukti, The Doctor mampu meraih peringkat ketiga pada ajang MotoGP musim 2018.

Dengan kemampuanya ditambah prestasi membanggakan, Rossi menjelma menjadi sebuah ikon MotoGP. Pasalnya dia masih memiliki nilai jual yang sangat menguntungkan dalam event tersebut.

Hingga saat ini masih banyak orang yang tetap setia mendukung Rossi. Mereka selalu di belakang sang pembalap meski kenyataannya Rossi sudah jarang memenangkan perlombaan.

Melihat hal tersebut mustahil untuk melepas Rossi dari MotoGP dalam waktu dekat ini. Justru sebaliknya, dia akan tetap dipertahankan agar popularitas MotoGP tidak menurun. Karena bagaimanapun juga MotoGP identik dengan Rossi, demikian juga sebaliknya, Rossi adalah MotoGP.

Jika ditanya kapan Rossi pensiun, mungkin hanya dia sendiri yang dapat memutuskan hal tersebut. Selagi dia masih mampu bersaing dengan pembalap lainnya, maka keputusan pensiun akan menjadi pilihan terakhir dalam benaknya.

(mat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up