JawaPos Radar | Iklan Jitu

Canon Kembali Rilis Kamera Mirrorless, Kali Ini Murah Meriah

16 Februari 2019, 14:57:26 WIB
canon, kamera, Canon EOS RP,
Fitur lain dari Canon EOS RP yakni Canon turut menyertakan Focus Peaking, foto beresolusi 8,3 MP dari video 4K, konektivitas Wi-Fi atau bluetooth (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com – Setelah September tahun lalu Canon akhirnya memiliki kamera mirrorless full-frame pertamanya yakni Canon EOS R. Di awal tahun 2019 ini Canon kembali membesut mirrorless full-frame lagi yang dinamai Canon EOS RP.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman The Verge, Sabtu (16/2), Canon EOS RP dirilis dengan harga yang terbilang murah jika melihat faktor-faktor keunggulannya. Sebab Canon EOS RP dibanderol dengan harga hanya USD 1.299 atau setara Rp 18 jutaan saja untuk body only.

Jika pembeli ingin membelinya dengan lensa kit 24-105 mm f/3.5-5.6 IS STM harganya menjadi USD 1.699 atau setara denga Rp 24 jutaan dan USD 2.199 atau setara dengan Rp 31 juta untuk paket lengkap dengan lensa kit 24-105 mm f/4L IS USM.

Bicara spesifikasi, Canon EOS RP memiliki sensor 26,2 megapiksel, memberikan pengguna resolusi sedikit lebih rendah dari sensor 30,3 megapiksel dari seri R terdahulu. Sensor tersebut sebanding dengan perangkat kamera DSLR full-frame 6D Mark II.  Canon EOS RP memiliki native ISO berjalan pada 100 hingga 40.000.

Canon EOS RP juga memiliki kemampuan perekaman video 4K seperti R terdahulu. Seperti sudah disinggung di atas soal harga murah. Canon EOS RP dihargai jauh lebih rendah daripada EOS R yang juga telah dijual di Indonesia dengan harga dimulai Rp 39 jutaan untuk body-only.

Selain itu Canon EOS RP juga disebut lebih kecil dan lebih ringan. Video pada RP berada di puncak pada 4K pada 24 atau 25 p dalam 8-bit 4: 2: 2, sedangkan R dapat melakukan perekaman eksternal 10-bit melalui HDMI dan juga menawarkan opsi 30p.

Canon EOS RP menawarkan prosesor gambar DIGIC 8 serta. Pemotretan mode continuous dapat dilakukan hingga 5 fps. Sistem Dual Pixel CMOS AF pada EOS RP memiliki kemampuan autofocus hingga 4.779 titik. Electronic Viewfinder-nya dibekali teknologi panel OLED beresolusi 2,36 juta dot.

Selain Electronic Viewfinder, pengguna juga dapat melakukan komposisi di panel LCD berukuran 3 inci dengan resolusi 1,04 juta dot yang bisa diputar-putar. Layar ini juga dapat digunakan untuk fitur Touch-and-Drag AF. Seperti EOS R, EOS RP juga dilengkapi dengan slot kartu memori SD UHS-II tunggal.

Fitur lain dari Canon EOS RP yakni Canon turut menyertakan Focus Peaking, foto beresolusi 8,3 MP dari video 4K, konektivitas Wi-Fi atau bluetooth, integrasi mikrofon stereo, 23 fungsi kostum, ketahanan terhadap air dan debu, daya tahan baterai sekitar 250 pemotretan, dan pengisian ulang via USB.

Kamera mirrorless full-frame terbaru dari Canon, EOS RP disebut bakalan mulai dijual pada 27 Februari 2019 mendatang. Untuk pasar kamera Indonesia, belum dapat dipastikan apakah kamera ini bakal melenggang dalam waktu dekat atau tidak. Kita nantikan saja.

 
 
 
 

Editor           : Dyah Ratna Meta Novia
Reporter      : Rian Alfianto

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini