JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tingkatkan Fitur Keamanan, WhatsApp Bakal Punya Pemindai Sidik Jari

11 Januari 2019, 10:29:02 WIB
WhatsApp, WhatsApp sidik jari, WhatsApp fitur keamanan
Ilustrasi: Logo WhatsApp. (DailyMail)
Share this

JawaPos.com – Aplikasi instan messaging WhatsApp akan memiliki sejumlah peningkatan fitur keamanan baru, yakni menggunakan pemindai sidik jari alias fingerprint. Fitur keamanan baru itu berarti akan meminta pengguna untuk mengotentikasi identitas mereka menggunakan sidik jari ketika membuka aplikasi.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman DailyMail, Jumat (11/1), platform perpesanan populer milik Facebook itu telah mulai bekerja pada mekanisme penguncian sidik jari untuk ponsel Android. Adapun informasi soal fitur baru WhatsApp untuk pengguna Android ini pertama kali ditemukan oleh WABetaInfo, sebuah situs web yang melacak perkembangan WhatsApp. Laman tersebut mendapati pembaruan ini masih dalam 'tahap pengembangan alfa' pertama dari dua fase pengujian sebelum diluncurkan masa mendatang.

WABetaInfo menunjukkan bahwa WhatsApp Android versi 2.19.3 yang akan memuat fitur sidik jari akan memiliki otentikasi baru. Ini memungkinkan pengguna membuka aplikasi menggunakan sidik jari mereka saat memuat WhatsApp, tetapi itu tidak akan melindungi percakapan individu.

WhatsApp, WhatsApp sidik jari, WhatsApp fitur keamanan
Fitur baru fingerprint WhatsApp. (WABetaInfo)

Dengan menggunakan fitur keamanan baru yang ditingkatkan, WABetaInfo juga mengatakan bahwa aplikasi akan sepenuhnya terlindungi. Pengguna perlu mengautentikasi identitasnya untuk membuka WhatsApp.

Mengapa hanya untuk Android? Jawabannya karena untuk pengguna iOS mereka telah mendapatkanya lebih dulu. WhatsApp sebelumnya memang diketahui telah mengenalkan fitur serupa bernama Touch ID untuk para user iPhone dan iOS lainnya.

Lalu bagaimana fitur Otentifikasi sidik jari ini bekerja? Jawabannya WhatsApp saat ini sedang mengerjakan bagian baru di aplikasi mereka. Pengguna dapat mengaktifkan peranti keamanan berbasis fingerprint.

Editor           : Fadhil Al Birra
Reporter      : Rian Alfianto

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini