JawaPos Radar | Iklan Jitu

Daftar Aplikasi Terbaik Sepanjang 2018 di Android dan iOS, Harus Coba!

29 Desember 2018, 18:00:18 WIB
Daftar Aplikasi Terbaik Sepanjang 2018 di Android dan iOS, Harus Coba!
Ilustrasi: aplikasi smartphone. Daftar Aplikasi Terbaik Sepanjang 2018 di Android dan iOS, Harus Coba! (Pixabay)
Share this

JawaPos.com – Selain smartphone, kamera, laptop, dan perangkat teknologi lainnya, sepanjang 2018 juga diwarnai dengan banyaknya aplikasi-aplikasi seru yang bermunculan. Aplikasi-aplikasi tersebut terbagi atas platform perangkat Android dan iOS.

Kini JawaPos.com telah merangkum aplikasi paling populer selama 2018. Tentunya berdasarkan platform smartphone Android dan iOS.

Untuk lebih jelasnya, berikut aplikasi-aplikasi terbaik sepanjang 2018.

Daftar Aplikasi Terbaik Sepanjang 2018 di Android dan iOS, Harus Coba!

Android

Untuk platform Android, seperti biasa tahun ini, Google Indonesia kembali mengumumkan daftar aplikasi terbaik berdasarkan kategorinya masing-masing. Beberaoa kategori seperti Pemenang Pilihan Pengguna, Aplikasi Terbaik, Game Terbaik, Film Terbaik, dan Buku Terbaik diumumkan oleh Google.

1. Tik Tok

Untuk kategori aplikasi terbaik, Tik Tok menjadi aplikasi terbaik dan paling menghibur sepanjang 2018. Tik Tok sendiri adalah aplikasi jaringan sosial dan platform video musik Tiongkok yang diluncurkan September 2016 oleh Zhang Yiming, pendiri Toutiao. Aplikasi tersebut membolehkan para pemakai untuk membuat video musik pendek mereka sendiri untuk kemudian dibagikan ke pengguna lainnya sesama pengguna Tik Tok.

Tik Tok di Indonesia sempat menuai kontroversi. Aplikasi tersebut juga sempat diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) lantaran sempat dianggap menjadi ruang untuk aksi-aksi tak senonoh yang tak ramah digunakan anak-anak. Namun hal itu tampak menjadikan komitmen Tik Tok berubah. Tik Tok lantas dibuka kembali dan bertekad menjadi platform yang ramah bagi siapapun dengan konten positif.

2. Tokopedia

Selanjutnya, ada aplikasi belanja online Tokopedia sebagai aplikasi terbaik pilihan pengguna Android pada 2018. Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Sejak didirikan pada 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di Asia Tenggara.

3. Qlapa

Pada posisi ketiga, tampil sebagai pendatang baru di Play Store ada aplikasi bernama Qlapa. Qlapa berhasil merebut posisi sebagai aplikasi unik terbaik. Qlapa adalah situs marketplace online khusus untuk produk handmade buatan para pengrajin asal Indonesia. Melalui situs tersebut, pengguna dapat membeli produk handmade langsung dari pembuatnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa kerajinan handmade seperti kemeja batik, tenun, tas dan sepatu kulit, dompet, perhiasan, dekorasi rumah, dan lainnya bisa ditemukan di aplikasi ini.

4. Mimo

Setelah Qlapa, ada aplikasi terbaik lainnya yakni Mimo. Mimo sendiri adalah aplikasi belajar coding, membuat aplikasi, game, situs web, dan lainnya. Mimo menciptakan kurikulum yang dipersonalisasi tentang latihan yang menyenangkan dan efektif, serta tantangan yang sesuai dengan rutinitas harian penggunanya sehingga membuat user termotivasi untuk terus belajar.

5. Canva

Terakhir, kategori aplikasi terbaik untuk Android, ada Canva. Canva adalah aplikasi membuat desain grafis cantik untuk tugas sekolah, pekerjaan, dan mengisi waktu luang dalam sekejap. Dengan Canva tak perlu keterampilan mendesain atau perangkat lunak yang rumit. Jika kamu ingin membuat undangan, ucapan ulang tahun, buat logo, kutipan, membutuhkan kiriman Instagram, header Facebook, editor foto, kolase foto, undangan pernikahan, kartu ucapan, kartu natal, meme, brosur, kartu nama, poster tambah teks pada foto atau pembuat logo, Canva adalah aplikasi pembuat desain serbaguna yang memungkinkan kamu membuat grafik menakjubkan di mana saja.

iOS

1. Procreate

Procreate adalah aplikasi membuat sketsa, menggambar, dan melukis yang populer dan terkenal. Karena sudah tersedia di iPad selama bertahun-tahun, tim Procreate telah memiliki banyak waktu untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan aplikasi. Banyak seniman yang bekerja dengan iPad. Ini telah dioptimalkan untuk stylus Apple, sehingga user dapat membuat karya seni dengan stylus Apple. Aplikasi terbaik ini kini mmeiliki brush yang disesuaikan, dukungan untuk multilayer, dan mesin melukis 64-bit yang mendukung karya seni resolusi tinggi.

2. LumaFusion

Aplikasi iOS terbaik kedua, ada LumaFusion. Jika kamu ingin mengedit video di iPad tetapi menginginkan sesuatu yang lebih dari iMovie, LumaFusion adalah opsi pengeditan video yang bagus yang bisa kamu gunakan. Dengan menggunakan LumaFusion, kamu dapat melakukan segala hal yang mungkin kamu lakukan dengan aplikasi desktop, seperti memotong klip, menambahkan transisi, mengoreksi warna, menambahkan efek dan judul, audio, dan menggunakan gerakan lambat, maju cepat, dan mundur.

3. Bear

Bear adalah aplikasi penulisan, coding, dan pencatatan yang memiliki antarmuka sederhana dan serangkaian fitur yang kaya. Ini tersedia di perangkat iOS dan Mac, dan ia menawarkan dukungan Apple Pencil, to-dos, beberapa opsi ekspor, editor markup canggih dengan dukungan untuk lebih dari 20 bahasa pemrograman, smartData, gambar dan foto in-line, tagar untuk organisasi, dan lainnya. Bear gratis untuk diunduh, tetapi jika kamu ingin menyinkronkan catatan di antara perangkat kamu, membuka kunci tema, dan menggunakan opsi ekspor lanjutan, ada biaya yang mesti kamu keluarkan.

4. Froggiepedia

Selanjutnya, masih dari kategori aplikasi populer. Kali ini merupakan versi iPhone and iPad of The Year 2018 Froggiepedia. Froggipedia adalah aplikasi pembelajaran interaktif Apple Augmented Reality (AR) yang membantu mengeksplorasi dan menemukan siklus hidup yang unik dan detail anatomi rumit seekor katak dan amfibi lainnya.

5. Netflix

Masih berdasarkan iPhone and iPad of The Year 2018. Aplikasi yang banyak diunduh dan menjadi aplikasi terbaik lainnya adalag Netflix. Netflix sendiri diketahui sebagai aplikasi video streaming on demand yang banyak digunakan oleh penggunanya di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Editor           : Fadhil Al Birra
Reporter      : (ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini