JawaPos Radar | Iklan Jitu

Xiaomi Pamer Kamera Smartphone 48 MP, Ingin Kalahkan Huawei?

07 Desember 2018, 09:40:34 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Xiaomi kamera 48 MP, Xiaomi kalahkan huawei, xiaomi kamera besar
Xiaomi dengan kamera berukuran 48 MP yang beredar di jagat maya. (Weibo)
Share this

JawaPos.com – Xiaomi tampaknya ingin menggeser dominasi Huawei P20 Pro untuk gelar smartphone dengan kamera terbaik. Pasalnya, Xiaomi baru-baru ini memamerkan kamera smartphone dengan ukuran yang sangat besar. Ya, ukuran tersebut agaknya bisa menandingi Huawei P20 Pro ataupun Mate 20 Series dengan ukuran kamera utama sebesar 40 MP.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman AndroidAuthority, Jumat (7/12), Co Founder dan Presiden Xiaomi Lin Bin memamerkan foto close up sebuah lensa kamera smartphone. Menariknya, di bawah lensa tersebut tertulis 48 MP.

Seperti bisa dilihat pada gambar, lensa kamera lengkap dengan LED Flash itu ramai dibicarakan di situs micoblogging Tiongkok, Weibo. Gambar tersebut memang hanya menampilkan sebuah lensa saja. Namun begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa itu merupakan salah satu dari dua atau bahkan tiga lensa kamera utama. Mengingat tren di pasaran smartphone saat ini memang wajar mengenakan lebih dari dua lensa sekaligus.

Xiaomi kamera 48 MP, Xiaomi kalahkan huawei, xiaomi kamera besar
Ilustrasi: Kamera smartphone flagship Xiaomi Mi 8 Explore Edition. (TechJuice)

Hal menarik lainnya dari unggahan gambar tersebut, Lin menceritakan bahwa ia telah menggunakan smartphone itu selama beberapa minggu. Hal tersebut diketahui dari tulisan dirinya yang berbunyi, “Dicoba selama beberapa minggu, tidak buruk! Dirilis pada Januari," tulisnya demikian.

Jika benar akan dirilis pada Januari, kemungkinan kita dapat melihat pengumuman tersebut pada gelaran Consumer Electronic Show (CES) 2019 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS). Selain tanggal rilis yang pasti, pertanyaan lainnya adalah apa yang akan ditampilkan oleh fitur ponsel Xiaomi?

Ada kemungkinan sensor 48 MP dapat berupa Sony IMX586 atau Samsung ISOCELL Bright GM1. Sensor terbaru Sony dan Samsung sendiri diketahui hanya berukuran 0,8 mikron. Meski kecil, sensor tersebut juga dapat menggabungkan empat piksel menjadi satu untuk menyimulasikan sensitivitas cahaya menjadi 1,6 mikron piksel.

Karena resolusinya tinggi, sensor Sony dan sensor Samsung juga dapat memperoleh 4x zoom digital dan masih mendapatkan pengambilan gambar 12 MP yang bersih. Sony menegaskan bahwa IMX586 tidak mendukung fitur super slow motion 960 fps. Namun untuk Sony, mereka mungkin telah menemukan cara untuk mengaktifkan fitur super slow motion tanpa perlu DRAM cepat di sensor.

(ce1/ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up