JawaPos Radar | Iklan Jitu

Xiaomi 'Ceraikan' Redmi Jadi Merek Sendiri, Realme Bilang Begini

09 Januari 2019, 18:25:30 WIB
Realme, Realme Xiaomi Redmi, Josef Wang Realme
South East Asia Marketing Director and Business Group Realme Josef Wang. (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Realme menanggapi wacana pisahnya seri smartphone ekonomis Redmi dari Xiaomi menjadi merek sendiri. Sebagai brand yang juga pecahan dari saudara kandungnya, Oppo, Realme menilai bahwa keputusan Xiaomi 'menceraikan' Redmi menjadi merek sendiri adalah sebuah siasat bisnis yang biasa.

South East Asia Marketing Director and Business Group Realme Josef Wang menjelaskan, apa yang dilakukan Xiaomi terhadap Redmi tak ubahnya yang dilakukan Oppo terhadap Realme. "Menurut saya mereka ingin dapat lebih banyak market share," katanya kepada JawaPos.com di sebuah pertemuan di Jakarta, Rabu (9/1).

Josef melanjutkan, dipecah-pecahnya seri perangkat menjadi merek mandiri seperti Oppo dan Realme ataupun Xiaomi dengan Redmi bertujuan untuk fokus bisnis yang lebih jelas. "Satu brand jika sudah identik dengan ciri khas khusus, kamera misalnya, maka ketika dia ingin mencoba ciri khas yang lain, itu akan sulit. Karena ciri khas yang tertancap sejak awal ya kamera. Oleh karena itu akan susah untuk mendapatkan pasar yang lebih besar. Ini strategi untuk berkompetisi lebih dalam," jelasnya.

Xiaomi, Xiaomi Redmi, Redmi 6
Perangkat smartphone Xiaomi dari seri Redmi, yakni Redmi 6 dan Redmi 6A. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Adapun terkait dengan persaingan di pasar, termasuk di Indonesia, Xiaomi terbilang tangguh. Josef mengaku pihaknya bersama Realme tidak begitu khawatir ihwal rencana Xiaomi memecah Redmi menjadi merek sendiri. Pun dengan persaingan antara Realme dengan 'saudara kandungnya', Oppo. Menurutnya, persaingan di pasar memang keras. Namun begitu, kompetisi harus tetap berjalan walaupun dengan saudara sendiri.

Seperti kami beritakan sebelumnya, keputusan Xiaomi memisahkan Redmi menjadi merek sendiri mencuat pekan lalu. Senada dengan Josef soal kompetisi dan fokus bisnis, CEO dan Founder Xiaomi Lei Jun menyebut rencana mereka memecah seri perangkat ekonomis Redmi menjadi merek sendiri lantaran ingin berkonsentrasi pada satu identitas merek. Untuk Redmi sendiri akan dipercaya mengemban seri middle-low. Sementara untuk semi flagship dan flagship ada pada merek Poco dan Xiaomi 'Mi'.

Sementara itu, Xiaomi juga akan menggelar acara besok, Kamis (10/1) di rumah mereka di Tiongkok. Selain acara pengumuman Redmi secara resmi pisah menjadi merek mandiri itu, dikabarkan pula bahwa Redmi akan turut menghadirkan perangkat terbaru mereka yang secara khusus resmi mengenakan nama baru 'Redmi' tanpa embel-embel Xiaomi. Namun belum jelas, produk apa yang akan mereka umumkan. Kita nantikan saja.

Editor           : Fadhil Al Birra
Reporter      : Rian Alfianto

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini