JawaPos Radar | Iklan Jitu

16 Smartphone Punya Radiasi Terbanyak, Xiaomi dan OnePlus Paling Parah

12 Februari 2019, 14:44:01 WIB
radiasi smartphone, smartphone radiasi terbanyak, smartphone radiasi parah
Ilustrasi: radiasi smartphone. (NetMag)
Share this

JawaPos.com – Sebuah survei mengungkap deretan produk smartphone dengan tingkat radiasi paling banyak. Setidaknya ada 16 smartphone dari berbagai merek yang menghasilkan paparan radiasi paling banyak. Menariknya, dari 16 smartphone berbagai merek itu, produk Xiaomi dan OnePlus menduduki banyak kursi untuk perangkat smartphone dangan radiasi paling banyak.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari DigitalTrends, Selasa (12/2), laporan soal radiasi ponsel itu diterbitkan oleh Kantor Federal Jerman untuk Proteksi Radiasi. Laporan tersebut menandai perangkat Xiaomi Mi A1 dan OnePlus 5T sebagai dua smartphone paling banyak yang memancarkan radiasi.

radiasi smartphone, smartphone radiasi terbanyak, smartphone radiasi parah
Smartphone dengan radiasi terbanyak dan terendah. (Statista/DigitalTrends)

Agar mudah dibaca, kompilasi emisi radiasi smartphone tersebut kemudian diubah menjadi grafik oleh Statista untuk smartphone dengan radiasi paling banyak dan paling sedikit radiasi. Hal tersebut merujuk pada tingkat penyerapan spesifik masing-masing perangkat atau specific absorption rate (SAR). Nilai tersebut menguantifikasi jumlah gelombang frekuensi radio yang dipancarkan setiap ponsel cerdas. Angka yang lebih tinggi kemungkinan meningkatkan pengguna terkena radiasi berbahaya.

Berdasarkan hasil tersebut, seperti disinggung di atas, Xiaomi dan OnePlus merupakan smartphone ‘terburuk’ dalam hal radiasi ponsel. Dua perusahaan itu menempati masing-masing empat posisi di 16 besar smartphone dengan radiasi terbanyak.

Xiaomi Mi A1 mencatat SAR tertinggi di 1,75; diikuti OnePlus 5T di 1,68; Xiaomi Mi Max 3 di 1,58; OnePlus 6T di 1,55; dan HTC U12 Life di 1,48. Perangkat populer lainnya di bagian atas daftar termasuk Google Pixel 3 XL dan Google Pixel 3, masing-masing di tempat ke-7 dan 12, dan iPhone 7 di posisi ke-9.

Sementara itu, untuk spektrum lainnya, Samsung menjadi produsen teratas untuk smartphone dengan jumlah radiasi terendah. Pabrikan asal Korea Selatan itu menempati delapan posisi dari 16 perangkat smartphone dengan radiasi rendah. Samsung Galaxy Note 8 dan ZTE Axon Elite ditemukan memiliki SAR terendah di 0,17; diikuti LG G7 dan Samsung Galaxy A8 di 0,24; dan Samsung Galaxy S8+ dan Samsung Galaxy S7 edge di 0,26.

Jadi, apa arti angka-angka SAR ini? Sayangnya, masih belum ada pedoman universal yang menetapkan tingkat ‘aman’ untuk radiasi ponsel. Sertifikasi Jerman untuk keramahan lingkungan, Blue Angel, hanya memberi sertifikasi smartphone yang baik digunakan dengan SAR kurang dari 0,60.

Ada berbagai penelitian yang mengklaim radiasi ponsel berbahaya bagi manusia karena berpotensi menyebabkan kanker. Namun peneliian lain yang sama membantah klaim itu. Menurut temuan awal dari studi senilai USD 25 juta oleh National Toxicology Program, radiasi dari smartphone memang menyebabkan kanker, tetapi studi pemerintah mengatakan bahwa jumlah radiasi yang berasal dari smartphone hanya akan berbahaya bagi tikus, dan tidak untuk manusia.

Editor           : Fadhil Al Birra
Reporter      : Rian Alfianto

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up