JawaPos Radar | Iklan Jitu

Review Produk

Xiaomi Redmi Note 5: Performa Masih Perkasa Meski Turun Harga

03 November 2018, 13:10:04 WIB
Xiaomi Redmi Note 5, Xiaomi Redmi Note 5 review, Xiaomi Redmi Note 5 harga
Kemasan Xiaomi Redmi Note 5. (Fadhil Al Birra/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kehadiran Xiaomi Redmi Note 5 patut menjadi perhatian vendor smartphone lain. Betapa tidak, Redmi Note 5 berani mematok harga murah dibanding smartphone lain dengan spesifikasi sejenis. Apalagi smartphone asal Tiongkok ini juga sudah dibekali teknologi Artificial Intelligence (AI) yang menjadi salah satu keunggulannya.

Ya, Xiaomi Redmi Note 5 mengusung chipset Snapdragon 636. Harganya di bawah Rp 3 juta. Terbilang murah, bukan? Namun, hal tersebut tentunya membuat calon pembeli bertanya-tanya. Harga murah apakah kualitasnya juga murah?

Bagaimana tampilan desain, performa, hingga kualitas kamera dan lainnya? Nah, untuk menjawab tersebut, JawaPos.com akan menguji keualitas Redmi Note 5 dari berbagai sektor. Berikut ulasannya.

Desain

Xiaomi Redmi Note 5, Xiaomi Redmi Note 5 review, Xiaomi Redmi Note 5 harga
Kelengkapan Xiaomi Redmi Note 5. (Fadhil Al Birra/JawaPos.com)

Kesan pertama membongkar boks Xiaomi Redmi Note 5, kemasannya tampak biasa. Tidak jauh berbeda dengan produk smartphone Xiaomi lainnya. Dalam boks Redmi Note 5 terdapat adapter charger berdaya 5V/2A, kabel data microUSB, softcase, buku manual, dan SIM ejector.

Layar Redmi Note 5 memiliki rasio 18:9 yang sudah menjadi fitur standar smartphone saat ini. Dimensi layarnya 158,6×75,4×8,1 mm dan bobot 181 gram. Ukuran Redmi Note 5 terbilang bongsor dan panjang.

Xiaomi Redmi Note 5, Xiaomi Redmi Note 5 review, Xiaomi Redmi Note 5 harga
Desain sisi kiri (bawah) dan kanan Xiaomi Redmi Note 5. (Fadhil Al Birra/JawaPos.com)

Penyebabnya, selain ukuran layarnya memang besar, desain bezel samping layarnya juga kurang tipis. Terlebih lagi bagian dahi dan dagu lumayan lebar. Hal ini menjadikan Redmi Note 5 agak kurang nyaman ketika digenggaman tangan orang dewasa. Begitulah yang JawaPos.com rasakan.

Bagian muka terpampang layar 5,99 inci yang sudah berlapis kaca 2.5D Corning Gorilla Glass. Xiaomi Redmi Note 5 memiliki tampilan layar depan polos tanpa adanya tombol fisik.

Sisi atas ada infrared sensor untuk aplikasi remote control Mi Remote dan lubang mic. Sedangkan sisi bawah ada jack audio 3,5mm, lubang mic, port microUSB, dan speaker.

Xiaomi Redmi Note 5, Xiaomi Redmi Note 5 review, Xiaomi Redmi Note 5 harga
Desain belakang Xiaomi Redmi Note 5. Tampak kamera belakang dan sensor sidik jari. (Fadhil Al Birra/JawaPos.com)

Pada layar bagian atas terdapat kamera selfie 13 MP lengkap dengan LED flash. Ada pula LED untuk notifikasi, earpiece, serta sensor biasa lainnya. Sementara bagian dagu bawah tampil polos. Tiga tombol kapasitif LED untuk navigasi terletak di layar bagian bawah.

Berbalik ke belakang, JawaPos.com menemui fingerprint sensor serta kamera ganda dan LED flash dalam posisi vertikal menonjol keluar. Beruntung, Xiaomi memberi softcase untuk melindungi dari gesekan.

Tombol fisik lainnya ada pada bagian sisi kanan ponsel, yakni tombol volume suara dan tombol power. Sementara sisi kirinya untuk menempatkan slot SIM card hybrid. Artinya, kamu harus memilih apakah ingin menggunakan fungsi dual SIM (micro SIM + nano SIM) atau mengorbankan satu slot untuk menambah penyimpanan (mircoSD + nano SIM).

Performa

Xiaomi Redmi Note 5, Xiaomi Redmi Note 5 review, Xiaomi Redmi Note 5 harga
Tampilan antarmuka Xiaomi Redmi Note 5 saat dinyalakan. (Fadhil Al Birra/JawaPos.com)

Sebelum lebih jauh, perlu diketahui juga bahwa unit yang JawaPos.com review adalah Redmi Note 5 berwarna hitam, varian RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Kini JawaPos.com mulai menjajal kinerja Redmi Note 5.

Ketika dinyalakan, JawaPos.com langsung dihadapkan dengan tampilan antarmuka sederhana. Xiaomi Redmi Note 5 menjalankan MIUI 9.6 berbasis Android 8.1 Oreo yang hadir dengan sejumlah fitur anyar.

Hal itu juga yang membuat program ponsel ekonomis ini berjalan halus. Antarmuka terasa ringan, begitu pun ketika membuka maupun berpindah aplikasi terasa gesit.

Redmi Note 5 mengusung layar IPS sebesar 5,99 inci dengan resolusi Full HD+ (1.280 x 1.080 piksel). Kualitas layar terbilang bagus, sesuai harganya. Hanya saja visibilitas layarnya kurang baik ketika di bawah sinar matahari. Untuk respons layar sentuh Redmi Note 5 pun terbilang baik.

Tampilan MIUI dari dulu memang begitu-begitu saja. Namun ada yang baru di versi MIUI 9, di antaranya, ikon dan animasinya terlihat lebih segar, serta punya lebih banyak fitur yang tersembunyi di menu pengaturan.

Xiaomi Redmi Note 5, Xiaomi Redmi Note 5 review, Xiaomi Redmi Note 5 harga
Tampilan layar Xiaomi Redmi Note 5 posisi menyala. (Fadhil Al Birra/JawaPos.com)

Paling menonjol yakni fitur ‘full screen gestures‘. Fitur ini dapat menghilangkan tombol navigasi di layar, seperti tombol virtual back, home, dan recent app. Setelah fitur dihilangkan, kamu bisa menggunakan gesture untuk mengoperasikan smartphone.

Ada empat gesture sederhana untuk mengontrol Redmi Note 5, yaitu usap dari bawah ke atas untuk ke homescreen dan usap dari bawah ke atas dan tahan untuk membuka recent app.

Kemudian, usap dari tepi kanan atau kiri ke dalam layar untuk fungsi back. Terakhir, usap dari tepi kanan atau kiri pada bagian atas ke dalam layar untuk membuka menu saat membuka aplikasi tertentu.

Untuk sektor keamanan, Redmi Note 5 lumayan lengkap. Ada pemindai sidik jari dan face unlock untuk membuka gembok layar smartphone dengan wajah. Perlu dicatat bahwa ada peringatan fitur face unlock ini kurang aman, sehingga lebih baik pakai pemindai sidik jari saja.

Ketika JawaPos.com menjajalnya, face unlock berjalan normal asalkan dalam kondisi cahaya terang. Sebab, ketika kondisi gelap, fitur face unlock kesulitan membaca wajah pengguna.

Fotografi

Xiaomi Redmi Note 5, Xiaomi Redmi Note 5 review, Xiaomi Redmi Note 5 harga
Desain kamera depan (atas) dan kamera beakang Xiaomi Redmi Note 5. (Fadhil Al Birra/JawaPos.com)

Fitur kamera kabarnya menjadi andalan Redmi Note 5. Kamera utama Xiaomi Redmi Note 5 hadir dengan opsi resolusi 12 MP aperture f/1.9, sedangkan sensor kedua sebesar 5 MP aperture f/2.0.

Sementara untuk kamera depannya memiliki resolusi sebesar 13 MP aperture f/2.0 yang dilengkapi LED flash untuk menemani foto selfie dalam keadaan low light.

Fitur fotografi jadi andalan karena sistem kamera Redmi Note 5 juga dibantu Artificial Inteligence (AI) atau kecerdasan buatan. Ya, hasilnya lumayan bagus. Bisa membuat wajah lebih mulus bersih.

Xiaomi Redmi Note 5, Xiaomi Redmi Note 5 review, Xiaomi Redmi Note 5 harga
Hasil jepretan dengan kamera belakang Xiaomi Redmi Note 5. Suasana kota Jakarta saat mendung diambil dari lantai 9 Gedung Graha Pena, Jakarta. (Fadhil Al Birra/JawaPos.com)

Namun, bagi sebagian orang, fitur beauty pada kamera ini justru membuat lebay. Sebab, wajah tampak begitu mulus, sehingga terlihat tidak natural.

Selain itu, mode manual di Redmi Note 5 sangat terbatas, yakni hanya mengatur white balance dan ISO saja (100-3.200). Sementara fitur videonya sudah dilengkapi stabilisasi elektronik (EIS) yang membuat hasil rekaman stabil dan mulus.

Gaming

Xiaomi Redmi Note 5, Xiaomi Redmi Note 5 review, Xiaomi Redmi Note 5 harga
Screenshot game PUBG dengan Xiaomi Redmi Note 5. (Fadhil Al Birra/JawaPos.com)

Meski bukan smartphone gaming, namun tidak ada salahnya JawaPos.com menjajal Redmi Note 5 untuk bermain game. Kami menjajalnya untuk bermain game dengan berbagai genre seperti MOBA, Racing, dan FPS.

Ketika memainkan game PUBG Mobile, smartphone dengan RAM 4 GB dan internal storage 64 GB ini cukup bisa melibas tampilan grafis dengan sempurna. Untuk beberapa kasus game, performa grafis langsung otomatis melakukan setting ke mode medium. Kesan patah-patah pun jarang sekali terasa.

Begitu pun ketika Redmi Note 5 diajak ngebut dengan memainkan game Asphalt 8. Performa grafisnya mampu berjalan di setting medium dengan gejala lag yang hampir tidak terasa sama sekali. Malahan untuk memainkan game ini, kami merasa tidak seperti memainkan game di smartphone murah meriah. Asalnya jaringan internet dalam kondisi stabil, maka grafis yang dihasilkan terbilang bagus.

Daya Tahan Baterai dan Keamanan

Xiaomi Redmi Note 5, Xiaomi Redmi Note 5 review, Xiaomi Redmi Note 5 harga
Xiaomi Redmi Note 5. (Fadhil Al Birra/JawaPos.com)

Sektor lain yang tak kalah penting adalah baterai. Xiaomi Redmi Note 5 memiliki kapasitas baterai lumayan besar, yakni 4.000 mAh. Smartphone ini pun sudah memiliki fitur pengisian cepat (QC2.0). Ketika dicoba, pengisian dari nol hingga penuh memakan waktu kurang dari dua jam.

Untuk penggunaan sehari-hari, baterai Redmi Note 5 terbilang awet. Pengalaman kami ketika untuk sosial media, bermain game, menonton video streaming, berfoto ria, dan sebagainya, baterainya sanggup bertahan selama 2-3 hari.

Sementara urusan fitur keamanan, Xiaomi Redmi Note 5 sudah dilengkapi dengan fitur face unlock. Ada pula fitur biometrik semisal fingerprint scanner. Dengan fitur face unlock pengguna dimungkikan untuk membuka smartphone dengan wajah tanpa perlu mengetik password atau memindai sidik jari.

Fitur face unlock-nya juga cepat dibandingkan dengan metode unlock lainnya. Begitu pun fitur fingerprint yang multifungsi dapat membuka Redmi Note 5 dengan sangat kilat.

Kabar baiknya lagi, Xiaomi Redmi Note 5 kini sudah turun harga. Untuk varian memori RAM/ROM 4/64 GB yang sebelumnya di angka Rp 3,499 juta kini turun menjadi Rp 2,799 juta. Sementara untuk varian memori RAM/ROM 3/32 GB yang sebelumnya dijual Rp 2,799 juta, kini dibanderol 2,399 juta.

Editor           : Fadhil Al Birra
Reporter      : (fab/ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini