JawaPos Radar | Iklan Jitu

Review Produk

Mengulas Smartphone Honor 9i, Si Cantik Luar Dalam yang Memesona

17 Oktober 2018, 08:10:59 WIB
Honor 9i, Honor 9i review, Honor 9i indonesia
Smartphone Honor 9i. (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Honor, merk smartphone turunan Huawei yang resmi masuk ke Indonesia awal tahun lalu semakin menunjukan konsistensi bisnisnya di pasar smartphone tanah air. Terbukti, merk tersebut intens mengeluarkan produk terbaru hampir di waktu yang berdekatan sejak pertama kali menginjakan kakinya di Indonesia.

Berdasarkan catatan JawaPos.com, Honor dalam kurun waktu empat bulan ini saja telah merilis tiga smartphone sekaligus, yakni Honor 7A, Honor 10, kemudian yang terbaru
Honor 9i. Honor 9i sendiri sejatinya bukan produk baru. Dia terlebih dahulu melenggang di pasaran global sejak akhir 2017 lalu. Namun karena beberapa alasan, smartphone
ini baru hadir di Indonesia beberapa waktu setelahnya.

Soal smartphone Honor terbaru yakni Honor 9i, JawaPos.com mendapatkan kesempatan menguji produk tersebut. Honor 9i hadir di Indonesia pada 18 September lalu. Untuk Honor 9i sendiri memiliki dua pilihan kapasitas penyimpanan dengan dua pilihan harga juga tentunya.

Tampilan Honor 9i tampak cantik berbalut material glossy nan mencolok mata dengan tiga pilihan warna. Honor 9i dengan padanan tampilan dan spesifikasi, seharusnya mampu memikat hati konsumen smartphone tanah air. Seperti apa ulasannya? Mari kita simak.

Kelengkapan

Honor 9i, Honor 9i review, Honor 9i indonesia
Kelengkapan Smartphone Honor 9i. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Pertama, sebelum melakukan pengujian produk lebih jauh, JawaPos.com akan memulainya dari aspek kelengkapan paket pembelian. Pada kotak kemasan Honor 9i terdapat unit smartphone, sim ejector, softcase atau pelindung Hp, serta charger dan kabel data micro USB. Ya, hanya itu saja ditambah kitab-kitab pedoman pemilik alias manual book dan kartu garansi.

Selain yang disebutkan di atas, tidak ada lagi perangkat pendukung lainnya semisal earphone maupun antigores. Kotaknya berwarna biru terang, mungkin merepresentasikan dari isi di dalamnya yang terang berkilauan.

Absennya perangkat earphone pada paket pembelian tidak menjadi masalah bagi kami. Sebab, Honor selain perangkat smartphone juga menjual peripheral lainnya, semisal jam tangan pintar, earphone, power bank, dan lainnya.

Jadi pengguna bisa membeli earphone-nya secara terpisah dan menyesuaikan dengan kebutuhan mereka sendiri. Namun bagi orang yang tidak ingin repot-repot membeli lagi, hal ini bisa jadi salah satu pengurangan nilai dari produk Honor 9i. Sebab bagi sebagian konsumen smartphone tanah air, kelengkapan menjadi salah satu hal penting dalam membeli smartphone. Jika tidak berbenah, konsumen mungkin akan kapok membeli produk Honor yang di dalamnya tidak disertakan kelengkapan memadai seperti yang dilakukan kompetitor.

Desain dan Layar

Honor 9i, Honor 9i review, Honor 9i indonesia
Tampilan desain belakang Smartphone Honor 9i. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Seperti judul artikel ini 'Si Cantik'. Soal desain sebuah smartphone, Honor dengan 9i-nya patut diapresiasi. Apalagi kalau bukan karena kecantikannya. Menyoal desain cantik, Honor yang notabene masih family dengan Huawei ini memang terkenal dengan desain glossy pada material smartphone yang dipilihnya.

Pun dengan saudaranya Huawei. Boleh dibilang untuk urusan desain, duo vendor Tiongkok ini merupakan trend setter bagi vendor lainnya yang kemudian menerapkan hal sama dari aspek desain, yakni warna berani dan berkilauan.

Honor 9i dikatakan terbuat dari 12 lapisan material kaca pada bagian belakang bodinya. Hal inilah yang mampu membuatnya tampak anggun. Namun jangan langsung percaya dulu. Lapisan berkilauan itu bukanlah kaca sesungguhnya, tapi hanya material polycarbonate yang membuatnya berkilauan mirip kaca.

Honor 9i Hadir dengan tiga pilihan warna, yakni Midnight Black, Saphire Blue, dan warna yang diunggulkan Robin Egg Blue. Semua pilihan warnanya itu memiliki kesan refleksi bak sebuah cermin. Smartphone ini benar-benar enak dipandang mata, apalagi diajak bergaya bagi kamu yang suka dengan hal-hal serba fashionable.

Oh iya, sebagai informasi, JawaPos.com mengulas Honor 9i dengan varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Perbedaan dengan varian lain memang pada RAM dan penyimpanan internal saja. Memngingat varian lainnya memiliki RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB.

Berlanjut dari segi desain, bisa dibilang kami langsung suka ketika sejak pertama kali melihatnya. Kalau kata orang-orang seperti jatuh cinta pada pandangan pertama. Desainnya mencolok. Material yang kami singgung di atas, pada bodi belakangnya membuat smartphone ini benar-benar kinclong.

Soal desain dari smartphone berkilauan memang sedikit subjektif. Untuk urusan lain mungkin demikian, yakni 'suka-sukaan' alias selera masing-masing. Namun apa yang dilakukan Honor dan Huawei nyatanya memang banyak ditiru vendor lain dari sisi desain.

Honor 9i mengusung konsep unibodi dengan baterai yang tidak bisa dilepas, sehingga perangkat ini memiliki kesan konstruksi yang solid. Desain belakang yang tampak berkilauan dengan warna terang membuat Honor 9i nyaman dilihat. Tidak sampai di situ, kenyamanan juga terasa manakala menggenggam smartphone ini dengan satu tangan.

Dari segi desain, Honor 9i memiliki dimensi 149,2 x 71,8 x 7,7 mm. Dari dimensi saja sudah kelihatan sekali bahwa smartphone ini proporsional alias pas di tangan. Desainnya cukup tipis, tidak gemuk dengan tepian-tepian yang dibuat halus, tidak kaku apalagi tajam.

Honor 9i, Honor 9i review, Honor 9i indonesia
Smartphone Honor 9i. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Lengkungan-lengkungan smartphone ini juga diperhatikan Honor dengan baik. Pada bagian tepi misalnya. Kesan glossy dengan warna berkilau masih bisa dilihat. Sebab, Honor memberikan polesan pada list-list kerangkanya dengan warna yang sama seperti bagian punggung smartphone ini.

Pada bagian kanan, bisa langsung dijumpai sebanyak tiga buah tombol fisik. Masing-masing fungsinya adalah volume up-down dan tombol power yang berfungsi juga sebagai pengunci perangkat. Berada di tepi kiri, ada sebuah laci atau slot SIM card dan slot MicroSD hybrid. Selain tiga tombol tadi, Honor 9i tidak memiliki tombol fisik lainnya.

Pada sisi belakang, terlihat kamera sebanyak dua buah yang disusun horizontal dengan LED Flash Light. Tidak jauh dari situ, ada area pemindai sidik jari atau fingerprint scanner. Bergeser ke bagian bawah, Honor 9i terdapat area speaker, port pengisian daya, port earphone, dan slot pemutus arus atau port restart. Sementara pada bagian atasnya polos.

Layar Honor 9i secara detail memiliki ukuran 5,84 inci dengan resolusi FullHD Plus (1080 x 2280 piksel) aspek rasio 19:9. Dari sisi ketajaman, layar Honor 9i sanggup memancarkan konten hingga kurang lebih 432 ppi. Tidak kalah penting, selain tajam, layar Honor 9i juga memiliki respons sentuhan yang sangat baik dan sudah mendukung akses multi-touch maksimal hingga 10 titik secara bersamaan.

Layar Honor 9i berjenis IPS LCD dengan poni atau notch bagian atas layarnya yang menjadi tempat earpiece dan kamera depan. Ada pula logo 'Honor' pada bagian bawah layar. Sementara pada bagian dalam layar, ada tiga buah tombol virtual yang berfungsi sebagai tombol Home, Recent Apps, dan Back.

Dari segi desain dan layar, kami suka dengan keseluruhan pengerjaan perangkat Honor ini. Halus, cantik, dengan layar yang responsif membuat pengalaman menggunakan smartphone ini menyenangkan. Menggunakan Honor 9i langsung di bawah terpaan sinar matahari juga tidak masalah. Layarnya masih bisa tampil dengan baik.

Namun agar lebih maksimal, sudah pasti harus mengatur tingkat kecerahan alias brightness ke mode full. Layar berponi-nya juga masih bisa disesuaikan dengan menghilangkannya melalui setting sederhana di menu pengaturan. Jadi, bilamana layar dengan notch kurang kamu sukai, bisa langsung dihilangkan dan beralih ke mode full-view saja.

Performa

Honor 9i, Honor 9i review, Honor 9i indonesia
Smartphone Honor 9i. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Desain sudah, layar sudah. Sekarang mari kita masuk ke sektor performa. Melihat dapur pacunya, Honor 9i hadir dengan chipset Kirin 659. Untuk ponsel kelas menengah ke bawah, smartphone ini tergolong lumayan untuk chipset yang dibawanya. Kirin 659 bikinan Huawei diketahui menjadi chip yang sama dibenamkan pada seri sebelumnya, yakni Honor 9 Lite.

Penting diketahui, Kirin 659 ini merupakan prosesor octa-core yang memiliki konfigurasi 4 inti berkecepatan maksimum 2.36 GHz serta 4 inti yang memiliki clockspeed maksimum 1.7 GHz. Adapun untuk pengolah grafis, Honor 9i didukung GPU Mali-T830 MP2. Seperti yang sudah kami singgung di atas, unit yang kami jajal adalah Honor 9i dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Untuk sistem operasinya, Honor 9i menjalankan Android 8.0 Oreo ditambah dengan EMUI 8.0. EMUI merupakan antarmuka atau user interface (UI) bikian Huawei. Jadi khas hanya untuk perangkat besutan Huawei dan turunannya saja yang menggunakan EMUI.

Untuk Honor 9i, EMUI yang disematkan versinya sudah relatif baru. Jadi, tampilannya lebih segar dan menawarkan aneka warna yang terang persis seperti desain smartphone-nya. Secara default, pengalaman pengguna yang ditawarkan EMUI 8.0 cukup simpel. UI dari smartphone ini tampil clean dan tidak merepotkan ketika ditelusuri. Kombinasi software ini mampu berjalan dengan baik. Begitu pun akses ke semua fungsi berjalan lancar.

Gaming dan Benchmark

Untuk kombinasi hardware dan software yang hadir pada perangkat Honor 9i, JawaPos.com berani menyebut bahwa perangkat ini layak dibanggakan. Selain cantik di luar, smartphone ini juga 'cantik' di dalam. Setidaknya untuk smartphone kelas menengah ke bawah ini, kinerja multitasking Honor 9i untuk kebutuhan harian seperti mendengar musik, browsing, serta menjalankan beberapa aplikasi chating dan lainnya terbilang lancar. Apalagi ditambah dengan kombinasi RAM dan ROM-nya yang terbilang besar. Pengalaman gaming tidak ada masalah berarti.

Kami menjajalnya untuk bermain game dengan berbagai genre seperti MOBA, Racing, dan FPS. Ketika memainkan game dengan grafis agak berat seperti AoV (Arena of Valor) maupun PUBG Mobile, smartphone dengan RAM 4 GB dan internal storage 64 GB ini tergolong sangat bisa diajak 'senang-senang'. Untuk beberapa kasus game, performa grafis langsung otomatis melakukan setting ke mode low. Kesan patah-patah jarang sekali terasa.

Ketika ponsel ini diajak ngebut dengan memainkan game Asphalt 8, performa grafisnya mampu berjalan di setting medium dengan gejala lag yang hampir tidak terasa sama sekali. Malahan untuk memainkan game ini, kami merasa tidak seperti memainkan game di smartphone murah meriah. Gejala lag pada game di Honor 9i maupun perangkat smartphone lainnya kami pikir tidak boleh melulu menyalahkan spesifikasi. Sebab faktor lain seperti kestabilan jaringan internet juga memengaruhi kenikmatan bermain game.

Soal kinerja smartphone, tidak lengkap rasanya jika tidak menyinggung pengujian benchmark-nya. Meski tidak melulu merepresentasikan penggunaan sehari-hari, hasil benchmark kerap dijadikan acuan untuk mengukur kekuatan performa sebuah smartphone. Untuk Honor 9i, ketika diukur dengan software benchmark paling populer, AnTuTu, skornya berada di kisaran 89305. Sementara untuk performa grafisnya, angka 5040 diperoleh melalui pengujian PC Mark: Work 2.0 Performance Score-nya.

Daya Tahan Baterai dan Keamanan

Kemudian baterai. Performa sebuah gadget rasanya tidak akan seimbang jika tanpa baterai yang mumpuni pula. Untuk Honor 9i, ukuran baterainya memang tidak seberapa besar, yakni hanya 3.000 mAh saja. Kendati begitu, berdasarkan pengalaman kami, penggunaan baterainya terbilang awet. Untuk bermain game, menonton video streaming, berfoto ria, sosial media dan sebagainya sanggup bertahan dari pagi hingga sore.

Sementara berdasarkan simulasi menggunakan PC Mark: Work 2.0 Battery Life yang menunjukan angka penggunaan nonstop selama 7 jam 32 menit dari baterai full hingga benar-benar habis. Dengan perolehan angka segitu, bagi kami baterainya terbilang cukup. Hal tersebut cukup mewakili penggunaan umum user yang ingin bermain game dan aktivitas lainnya menggunakan smartphone ini.

Untuk untuk kondisi standby dengan internet menyala, Honor 9i bisa bertahan selama lebih dari tiga hari untuk sekali pengisian baterai. Untuk pengisian dari nol hingga penuh pada baterainya, Honor 9i membutuhkan waktu selama kurang lebih 120 menit.

Sementara untuk fitur keamanan, Honor 9i juga sudah dilengkapi dengan fitur face unlock selain fitur biometrik semisal fingerprint scanner. Dengan fitur face unlock pengguna dimungkikan untuk membuka smartphone tanpa perlu mengetik password atau memindai sidik jari. Fitur face unlock-nya juga cepat dibandingkan dengan metode unlock lainnya. Sementara fingerprint 4.0 yang multifungsi ini dapat membuka Honor 9i hanya dalam waktu yang terbilang cepat, yakni 0,25 detik saja.

Kamera

Honor 9i, Honor 9i review, Honor 9i indonesia
Hasil bidikan kamera smartphone Honor 9i. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Kecantikan luar dalam dari perangkat Honor 9i juga dibuktikan dari sektor kamera. Ingat ya, saat ini kamera juga menjadi nilai penting konsumen untuk menjatuhkan pilihan membeli sebuah smartphone. Untuk menangkap momen apik bersama orang-orang terkasih, Honor 9i juga sudah menyematkan alat bidik yang tengah menjadi tren saat ini.

Ya, apalagi kalau bukan dual kamera utama dengan kemampuan 13 MP dan 2 MP. Sementara kamera depannya sebagai penembak selfie memiliki ukuran lebih besar, yakni 16 MP.

Begitu membuka menu kamera, pengguna akan langsung dihadapkan oleh interface yang mudah digunakan dan bisa diutak-atik. Pada kamera utama misalnya, di sini pengguna bisa memilih sejumlah ikon yang tersedia di sisi kiri, seperti moving picture, portrait, dan wide aperture. Di arena ini pengguna juga bisa memilih pengaturan flash atau berpindah ke kamera depan.

Selanjutnya, jika melakukan swipe ke kanan, panel pilihan untuk mode lain bisa juga ditemui. Mode tersebut seperti Photo, Pro Photo (mode manual), Video, Pro Video, HDR, Panorama, Light Painting, Time Lapse, Filter, dan Watermark.

Honor 9i, Honor 9i review, Honor 9i indonesia
Hasil bidikan kamera smartphone Honor 9i. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Jika masih kurang, pengguna bisa mengunduh mode Good Food untuk memotret makanan, atau Document Scan untuk mengabadikan dokumen penting. Sementara untuk mengakses menu Setting, hal itu bisa dilakukan dengan men-swipe layar ke arah kiri.

Berbicara kamera, dua sensor kamera yang disematkan beserta pilihan yang dibawanya, Honor 9i sudah memadai untuk menjepret berbagai momen apik nan menarik. Kualitas hasil bidikan lensanya kami nilai cukup apik.

Honor 9i, Honor 9i review, Honor 9i indonesia
Hasil bidikan kamera smartphone Honor 9i. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Hal tersebut berlaku baik dari sisi ketajaman, warna, maupun detail gambar yang dihasilkan. Bagi yang suka memotret gambar dengan latar belakang blur alias bokeh, hal ini juga dengan mudah bisa dilakukan lewat kamera belakang Honor 9i dengan kualitas gambar yang baik.

Bergeser ke kamera depan, sejumlah pilihan telah disediakan untuk menemani pengguna menjepret gambar bersama Honor 9i, antara lain, moving picture, portrait, dan mode beutification.

Untuk mode yang disebut terakhir, beautification, di sini pengguna bisa memanfaatkan fitur ini hingga 10 level (efek kecantikan) untuk mendapat hasil foto diri sesuai keinginan. Sementara dengan mode portrait, meski single kamera, pengguna tetap dimungkinkan untuk mengambil foto selfie dengan latar belakang blur.

Honor 9i, Honor 9i review, Honor 9i indonesia
Hasil bidikan kamera smartphone Honor 9i. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Soal hasil bidiknya, bagi mereka yang gemar selfie, Honor 9i tidak mengecewakan. Dengan sensor beresolusi tinggi, hasil bidik Honor 9i untuk foto diri sudah sangat memadai. Upload foto di sosial media juga semakin percaya diri.

Selain itu, dengan sederet mode yang ada, pengguna bisa memperoleh berbagai skenario foto yang diinginkan untuk meraih hasil foto yang diinginkan. Namun begitu, untuk beberapa kasus pengambilan gambar, harga memang tidak bisa bohong.

Jangan dibandingkan smartphone dengan dual kamera di harga Rp 5 jutaan ke atas dengan smartphone dual kamera di bawah Rp 3 jutaan ya. Detail gambar tetap terlihat pada pengambilan gambar siang hari dengan intensitas cahaya yang sedang (tidak over).

Keduanya berlaku untuk kamera depan dan belakang. Pun dengan kondisi pemotretan malam hari, asal tidak gelap-gelap amat, kamera Honor 9i terbilang cukup bisa diajak kerja sama.

Honor 9i, Honor 9i review, Honor 9i indonesia
Hasil bidikan kamera smartphone Honor 9i. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Kesimpulan

Menggunakan smartphone Honor 9i selama beberapa waktu, baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun rekreasi terbilang memuaskan. Menyoal kecantikannya, keseimbangan antara performa dengan penampilan boleh dibilang pas. Dalam artian, smartphone ini memang tidak hanya cantik tetapi juga bisa diandalkan untuk harga yang dibanderolnya.

Oh iya, Honor 9i dilepas dengan harga berbeda sesuai dengan RAM dan ROM yang dibawanya. Ada dua pilihan, yakni dengan varian RAM/ROM 3/32 GB diharga Rp 2,6 jutaan. Sementara varian 4/64 GB dibanderol Rp 3,1 jutaan.

Smartphone Honor 9i untuk teman sehari-hari sudah cukup untuk meng-cover kebutuhan pengguna yang beragam. Ditambah desain yang cantik berkilauan, Honor 9i bisa pula diajak bergaya. Namun material belakangnya cukup mudah lecet atau tergores. Saran kami, selalu pakaikan pelindung bawaan yang ada dalam paket penjualan. Jika bosan, boleh membeli aksesori lain di pasaran dengan tetap memperhatikan kecantikan bawaan smartphone ini.

Pengalaman mencoba varian tertinggi dengan RAM 4 GB dengan internal storage 64 GB membuat kami berani menyarankan untuk sobat Tekno JawaPos.com, jika ingin membeli smartphone ini, belilah varian tertingginya, seperti yang kami coba. Sebab, hanya berbeda beberapa ratus ribu saja, penyimpanan yang lebih lega akan kamu dapatkan.

Hampir segala kebutuhan pengguna bisa digantungkan pada smartphone ini hampir tanpa kendala. Mau apa? gaming, sosial media, instan messanging, bergaya sambil menonton video? Semua bisa dilakukan Honor 9i dengan baik.

Untuk tampilan desain, Honor 9i layak mendapat acungan jempol. Sentuhan kekinian dengan kesan layar lega dan kamera belakang ganda membuat smartphone ini cocok digunakan remaja milenial yang ingin bergaya. Selain itu, smartphone ini boleh dikatakan bahwa dengan segmen pasar yang dibidiknya, Honor 9i sudah memiliki cukup amunisi untuk bersaing merebut hati konsumen dengan para kompetitor di segmen yang sama.

Editor           : Fadhil Al Birra
Reporter      : (ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini