JawaPos Radar | Iklan Jitu

Madrasah Terlalu Banyak, Kuota Akreditasi Tak Mencukupi

11 Januari 2019, 20:21:01 WIB
Akreditasi Madrasah
AKREDITASI: Kasi Pendidik dan Tenaga Pendidikan, Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementrian Agama Jateng, Siti Mutmainah, Semarang, Jumat (11/1). (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kuota akreditasi untuk madrasah di Jawa Tengah diklaim tak mencukupi. Hal ini terjadi lantaran jumlah madrasah tak sebanyak kuota akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BAN S/M). 

Siti Mutmainah, selaku Kasi Pendidik dan Tenaga Pendidikan, Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Jateng, mengatakan, di wilayahnya ada 10.988 madrasah.

Terdiri dari Raudatul Athfal sejumlah 4.583 sekolah, Madrasah Ibtidaiyah, 4.049 sekolah, Madrasah Tsanawiyah 1.685 sekolah, dan Madrasah Aliyah 671 sekolah. Sedangkan yang menyandang status negeri hanya 306 sekolah saja.

"Untuk Tahun 2018 kita mendapat kuota dari BAN 1.618. Itu untuk semua tingkat. Ini tidak berimbang, kita tidak masalah dengan standar mutu. Tapi kita menunggu kuota akreditasi," katanya, Jumat (11/1). 

Masalahnya, Siti membeberkan kalau madrasah tak bisa mengajukan permintaan akreditasi sendiri. Mekanismenya, harus mendaftar terlebih dahulu lalu menunggu giliran. 

"Kuota sudah dari BAN. Kuota itu sangat tergantung anggaran pemerintah yang diberikan BAN dan akreditasi itu ada masanya, yaitu per empat tahun. Bisa saja yang sudah diakreditasi, untuk memperpanjangnya menunggu kuota dari BAN," terangnya lagi. 

Padahal, untuk bisa mendapatkan kuota bisa diakreditasi itu menurutnya bukan kewenangan Kementerian Agama. Melainkan dari BAN S/M juga.

Intinya, pihaknya tetap meminta madrasah yang belum terakreditasi tetap menjaga kualitas mutu pendidikan. "Mereka tetap mendaftar dan menunggu giliran akreditasi. Madrasah kita sudah standar akreditasi," tandasnya.

Editor           : Sari Hardiyanto
Reporter      : Tunggul Kumoro

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up